Dapur Umum Paok Makan Pengungsi Bencana Tanah Gerak


Dapur Umum Paok Makan Pengungsi Bencana Tanah Gerak

Kondisi Dapur Umum
PURBALINGGA I KEJORANEWS.COM: Para penyintas/korban bencana alam tanah gerak di Dusun Pagersari Desa Tumanggal, Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga, saat ini masih berada di pengungsian, untuk mengatasi kebutuhan makan mereka dapur umum yang di olah oleh gabungan berbagai unsur kebencanaan dan sukarelawan tetap berjalan melaksanakan rutinitasnya.


Kebutuhan makan menjadi hal yang sangat vital dalam memasok kebutuhan asupan gizi yang cukup, mengingat masih adanya pandemi Covid-19 sehingga  diperlukan asupan gizi yang tinggi agar imunitas tubuh meningkat sehingga dapat lebih resistan terhadap kemungkinan tertular Covid-19 di lokasi pengungsian.


Semangat kebersamaan dan gotong royong menjadi kunci keberhasilan dalam penanganan kebencanaan, karenanya berbagai unsur dilibatkan dalam pelaksanaan dapur umum ini tak terkecuali dari Kodim 0702/Purbalingga yang secara bergiliran menerjunkan anggota untuk membantu memasak di dapur umum tersebut.


Seperti disampaikan oleh Perwira Seksi Operasi Kodim 0702/Purbalingga Kapten Arm Mindoko saat dikonfirmasi pada Rabu 23 Desember 2020 pihaknya dalam mengatasi kejadian bencana ini juga turut menerjunkan anggota secara langsung.


"Sejak pertama Babinsa melaporkan kejadian adanya bencana tanah gerak tersebut, kami dari Kodim 0702/Purbalingga segera menerjunkan anggota untuk turut membantu evakuasi pengungsi, selanjutnya juga turut menempatkan anggota untuk melaksanakan piket di posko bencana yang berada di SDN 2 Tumanggal, membangun Posko Kesehatan serta membantu evakuasi barang milik warga yang terdampak bencana serta turut aktif menerjunkan anggota untuk melaksanakan piket masak di dapur umum, pungkasnya. 


Setiap harinya, "kita bagi shift secara bergantian untuk membantu memasak memenuhi kebutuhan makan pengungsi, setiap shift memasak sekitar 700 porsi, hal ini tentunya dilaksanakan bersama dengan unsur kebencanaan lainnya seperti PMI, BPBD, Baznas, Dinsos bersama sukarelawan lainnya," ungkapnya.


(Satria Ferry_Pendim 0702/Purbalingga)

Lebih baru Lebih lama