Babinsa Amankan Proses Pemakaman Jenazah Covid-19


Babinsa Amankan Proses Pemakaman Jenazah Covid-19

Pelda Rasiyo

PURBALINGGA I KEJORANEWS.COM: Pada hari Selasa 15 Desember 2020, Bintara Pembina Desa(Babinsa) Pelda Rasiyo anggota Posramil Padamara melaksanakan pengamanan proses pemakaman warga binaan yang meninggal dunia karena terkonfirmasi positif Covid-19 di TPU Desa Dawuhan, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga.


Tugas mulia tersebut dilakukan oleh Babinsa, dalam mengamankan proses pemakaman jenazah Covid-19 dengan inisial T (52) yang merupakan warga desa binaannya. Pelaksanaan pemakaman Almarhumah dilaksanakan secara protokoler Covid-19 oleh Tim BPBD, PMI Kabupaten Purbalingga, pihak relawan dan Tim Puskesmas Padamara.


Dijelaskan Babinsa Pelda Rasiyo, pengamanan dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi petugas yang memakamkan jenazah sehingga bisa berjalan aman tanpa ada kendala yang mengganggu saat pemakaman dilakukan.


“Kita melaksanakan pengamanan ini agar pada pemakaman jenazah bisa berjalan aman dan sesuai prosedur yang berlaku dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai standar kesehatan, karena jenazah dinyatakan positif  Covid-19,”  jelasnya.


Lebih lanjut Babinsa menyampaikan bahwa saat ini penyebaran Covid-19 masih tinggi sehingga dirinya mengimbau kepada warga yang berada di sekitar makam yang ingin melaksanakan takziah agar selalu mematuhi protokol kesehatan memakai masker, selalu menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun serta menjauhi kerumunan orang banyak.


”Demi kebaikan kita bersama, tidak usah sampai ke makam cukup didoakan saja, untuk pemakaman biar dilakukan oleh tim petugas yang sudah menguasai dalam bidangnya,” imbau Babinsa.


(Pendim 0702/Purbalingga)

Lebih baru Lebih lama