Akibat Longsor, Rumpun Bambu Ambrol Menimpa Pancuran Surawana


Akibat Longsor, Rumpun Bambu Ambrol Menimpa Pancuran Surawana

Sertu Andreas Saragih
PURBALINGGA I KEJORANEWS.COM: Hujan yang turun dengan derasnya kembali terjadi sejak sore hari hingga malam membuat salah satu rumpun bambu di atas Pancuran Surawana yang berlokasi di RT 04/RW 04 Kelurahan Purbalingga Lor, mengalami longsor dan menimpa pagar pengaman jalan setinggi 1,5 M patah dan roboh  sepanjang 5 M.


Seperti diungkapkan oleh Tarom (45) warga yang tinggal tak jauh dari lokasi kejadian menuturkan bahwa kejadian terjadi dini hari secara tiba-tiba, Rbu(30/12/2020). 


“Sekira pukul 00.45 WIB kami mendengar suara bergemuruh di atas Pancuran Surawana, setelah kami cek bersama warga lainnya kami melihat rumpun bambu di atas pancuran telah ambruk karena longsor dan menimpa pagar pengaman pancuran hingga roboh,  jalur penerangan listrik di sekitar wilayah kejadian terputus, jalan menuju warga legok tertutup serta jalan menuju Pancuran Surawana juga tertutup terhalang rumpun bambu yang longsor sehingga kami segera bergegas melaporkan kejadian ini kepada perangkat kelurahan, Babinsa serta Bhabinkamtibmas," kata Tarom.


Mendapati laporan bencana dari warga di wilayah binaannya membuat Sertu Andreas Saragih selaku Babinsa Koramil 01/Purbalingga untuk wilayah Kelurahan Purbalingga Lor, segera bergegas menuju TKP untuk mengecek kondisinya.


“Dari kejadian ini tidak ada korban jiwa, kerugian material ditaksir sekitar 3,5 juta rupiah, kami juga telah berkoordinasi dengan pihak Kelurahan Purbalingga Lor untuk solusi penanganannya.

Paginya, bersama masyarakat kami membersihkan material dan rumpun bambu yang longsor serta berkoordinasi dengan PLN karena ada jaringan listrik yang putus akibat kejadian ini. Kepada masyarakat kami mengimbau, adanya curah hujan yang masih tinggi terjadi saat ini agar kewaspadaan untuk lebih ditingkatkan kembali terutama yang tinggal di tempat yang rawan terjadi bencana,” tegasnya.


(Satria Ferry_Pendim 0702/Purbalingga)

Lebih baru Lebih lama