{[["☆","★"]]}
Masyarakat di Ksadan Sesurai-
ATAMBUA I KEJORANEWS.COM : Ksadan Babulu dan Ksadan Sesu Rai di kampung lama Desa Raifatus adalah tempat tinggal leluhur masyarakat Desa Raifatus pada zaman dahulu. Tempat yang kini menjadi makam para raja ini dahulunya adalah tempat pertemuan para raja tersebut.

Masyarakat Raifatus berharap tempat ini dapat dikembangkan oleh pemerintah untuk menjadi ikon wisata desa. Karena tempat ini cocok sebagai tempat kunjungan wisata, baik wisata adat dan rohani ataupun wisata sejarah.

Kristianus Loe Siarai, tokoh pemuda Kelahiran Raifatus menyampaikan bahwa, tempat itu perlu untuk dikembangkan sebagai tempat wisata agar banyak dikunjungi oleh masyarakat ataupun wisatawan.

" Jika dikembangkan menjadi wisata adat dapat memberikan pengetahuan tersendiri bagi generasi muda Raifatus dan lapisan masyarakat pada umumnya yang notabenenya sebagai pengunjung. Saya berharap agar tempat ini dapat dikembangkan melalui dana desa Sebab banyak Keunikan yang terdapat pada Kedua Ksadan tersebut. Jika jadi tempat wisata maka situs ini dapat membuka lapangan kerja bagi kaum muda desa Raifatus. " Ujarnya, Jumat (6/11/2020).

Lanjutnya, pengembangan situs tersebut perlu dilakukan sebab desa lain telah memiliki Ikonnya masing-masing. 

" Contohnya Desa Dirun kecamatan Lamaknen memiliki Ikon Desanya yaitu Fulan Fehan. Desa Tohe kecamatan Raihat Memiliki Ikon Desanya Kolam Renang We Bot, " terang Guru SMP Satap Turiskain ini.

Dari pantauan media ini di lokasi, selain makam para raja, juga ada tempat Ibadat atau Kapela Yang dibangun diatas Batu, dan juga gua-gua alam, sehingga tempat ini layak dikunjungi baik sebagi tujuan penelitian atau kunjungan wisata para wisatawan  dalam dan luar negeri.

(Yan)
 
Top