{[["☆","★"]]}
Danlanal Ranai, Kolonel (p) Dofir -
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Pangkalan TNI Angkatan Laut Ranai, saat ini tengah melakukan pemeriksaan terhadap 14 orang  nelayan yang terdiri dari nahkoda dan anak buah kapal Ikan Asing berbendera Vietnam, serta barang bukti lainnya yang telah diserahterimakan dari KRI John Lie - 358 di Faslabuh TNI AL Selat Lampa pada Minggu petang (4/10/2020).

Komandan Lanal Ranai , Kolonel Laut Pelaut, Dofir, saat di konfirmasi mengatakan, dalam proses penerimaan dan pemeriksaan lanjutan kepada semua nahkoda dan ABK KIA Vietnam itu pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan guna menghindari penularan dan penyebaran Covid 19.

"Mereka hari ini kita lakukan pemeriksaan kesehatan, sesuai dengan protokol kesehatan , kemudian penempatan mereka juga kita pisahkan dengan yang lama (nelayan Vietnam yang telah tertangkap sebelumnya), kita karantina dulu," kata Kolonel Laut (P) Dofir, Senin (5/10/2020).

Untuk pemeriksaan kesehatan sesuai protokol Covid, tambah Danlanal dilakukan berkoordinasi dengan Satgas Covid Natuna yakni pihak Puskesmas Ranai.

"Pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan di rumah Detensi Lanal Ranaidengan menyertakan tim Covid-19 dari puskesmas Ranai, hal ini agar tidak ada keraguan antara kita di Natuna," tambah Kolonel Laut (P) Dofir.

Selanjutnya para nahkoda dan ABK akan dilakukan pemeriksaan atau penyidikan lanjutan terkait dengan pelanggaran yang telah dilakukan yakni melakukan pencurian ikan di wilayah perairan Landas Kontinen  Indonesia yakni perairan Natuna Utara.

Dengan ditangkapnya kia Vietnam bernomor lambung BV0908TS dan BV4977TS itu saat ini jumlah nelayan Vietnam yang berada di rumah Detensi TNI AL Ranai ada 48 orang yang kesemuanya masih dalam proses hukum.




(Pur)
 
Top