{[["☆","★"]]}

Gubernur sama Peserta Didik
KEPRI I KEJORANEWS.COM :Gubernur Kepulauan Riau, H. Isdianto menyerahkan secara simbolis bantuan 5.050 paket internet gratis kepada peserta didik kurang mampu SMAN/SMKN/SLB se–Provinsi Kepulauan Riau di Gedung Daerah, Tanjungpinang - Kepri, Rabu (2/9).

Penyerahan tersebut Gubernur Isdianto mengatakan bahwa merupakan salah satu bentuk perhatian dari Pemerintah berserta pihak terkait dalam upaya melancarkan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada kondisi pandemi covid–19.

“Pandemi Covid yang melanda seluruh aspek kehidupan salah satunya pendidikan mengharuskan adaptasi dan penyesuaian KBM secara daring untuk pembelajaran jarak jauh (menghindari tatap muka langsung),” kata Isdianto.

Apalagi saat ini, lanjutnya Kepri terdapat ribuan siswa/siswi yang sedang menimba ilmu pada tingkat SMA/SMK, pelaksanaan KBM secara daring sebagaimana kebijakan Kemedikbud pun menghadapi sejumlah hambatan.

Seperti kepemilikan gawai telekomunikasi, kondisi sinyal internet yang tidak prima di sejumlah daerah dengan kondisi geografis Kepri yang punya lebih dari 2 ribu pulau, hingga ketiadaan kuota internet bagi para siswa/siswi yang berada dalam kondisi ekonomi yang kurang beruntung.

Untuk itu, pihaknya bergerak cepat menggesa pelaksanaan ini tidak lain adalah agar para siswa dapat belajar dan guru serta orang tua menjadi tenang. Meskipun dirinya tahu 5 ribu paket tidak akan cukup memenuhi semua.

"Ini menjadi salah satu PR kami agar bagaimana mencari solusi cepat menangani setiap persoalan yang diakibatkan pandemi Covid-19 ini, salah satunya terkait KBM," terangnya.

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Dinas Kominfo, Zulhendri mengatakan bahwa penyerahan bantuan ini terlaksana salah satunya sesuai dari arahan Gubernur saat menggelar pertemuan dengan provider di kantor Dompak, Tanjungpinang agar ikut peduli dan memperhatikan kondisi saat ini terkait kelancaran proses pendidikan.

“Kami terus berkoordinasi melalui Vicon dengan Asosiasi Kepala Dinas Kominfo Provinsi se–Indonesia (ASKOMPSI) dan provider terkait untuk melakukan langkah segera,” katanya.

ASKOMPSI bersama PT. XL Axiata menyalurkan bantuan secara nasional untuk 28 Provinsi dengan jumlah keseluruhan 193.000 buah paket kuota dan untuk Kepri mendapatkan 5.050 paket. Tahap selanjutnya, untuk Kepri di rencanakan akan di luncurkan lagi sebanyak 30 ribu paket internet.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekdaprov Kepri, Asisten Bidang Perekonomian, Kadis Pendidikan, Kadis Perpustakaan, Plt. Kepala BPBD, dan Plt. Kabiro Humas Protokol dan Penghubung.

 

Andi Pratama

 
Top