Kodim 0702/Purbalingga Gelar Tes Pra Garjas UKP


Kodim 0702/Purbalingga Gelar Tes Pra Garjas UKP

Ketika Tes Pra Garjas
PURBALINGGA I KEJORANEWS.COM: Kodim 0702/Purbalingga menggelar tes pra Kesegaran Jasmani (Garjas) bagi prajurit Bintara dan Tamtama yang diusulkan kenaikan pangkatnya (UKP) periode 1 April 2021.

Kegiatan ini salah satunya mendapat pengawasan langsung dari Bintara Tinggi Personel(Batipers) Kodim 0702/Purbalingga Pelda Agung N. Kegiatan tersebut dilaksanakan di GOR Goentoer Darjono, Kelurahan Purbalingga Kidul, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Kegiatan diikuti oleh 9 personel dari Kodim 0702/Purbalingga, sebelum melaksanakan tes Garjas terlebih dahulu para peserta diwajibkan melaksanakan pengecekan kesehatan berupa pemeriksaan denyut nadi awal dan tekanan darah (tensi) dilanjutkan dengan senam pemanasan.

Batipers Pelda Agung N. mengatakan, bahwa salah satu syarat personel yang akan diusulkan untuk UKP adalah harus lulus tes kesegaran jasmani dengan nilai minimal skor 51 disamping persyaratan lainnya. Hal ini perlu disikapi oleh masing-masing personel di satuan ini. 

“Perlu diingat bahwa UKP bagi personel sudah diberitahukan jauh-jauh hari sebelumnya agar para personel dapat mempersiapkan diri dengan melatih kesegaran jasmaninya, sehingga pada saat pengambilan nilai nantinya tidak ada lagi personel yang tidak lulus garjas,” terang Batipers.

Disamping itu, Batipers juga menekankan bagi personel yang dinyatakan tidak mampu mengikuti tes pra Garjas ini agar tidak memaksakan diri, yang tahu kondisi kesehatan adalah anda sendiri, pangkat bukanlah segala-galanya, namun keselamatan masing-masing personel adalah yang utama.

“Jika para prajurit Bintara dan Tamtama memang merasa kurang mampu untuk melaksanakan tes garjas pada saat ini mungkin dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang mendukung, lebih baik tidak perlu dipaksakan demi menjaga hal-hal yang tidak dinginkan,” ucapnya, Selasa(29/9/2020).

Dalam tes pra Garjas UKP ini harus menjadi perhatian bagi prajurit agar dapat lulus dengan baik sehingga dapat diajukan dalam UKP periode 1 April 2021, perjuangkan hasil yang terbaik dari diri sendiri karena Gargas A ( lari 12 menit ) dan B (sit up, push up, pull up, lunges dan shuttle run) maupun renang dasar militer adalah merupakan persyaratan mutlak untuk UKP.

(Pendim 0702/ Yusri)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama