{[["☆","★"]]}
Kapolres Bersama FORKOPIMDA Brebes -
BREBES I KEJORANEWS.COM : Polres Brebes menggelar acara Virtual Peringatan Hari Bhayangkara dan Tasyakuran Hari Bhayangkara Ke -74 Th. 2020 di aula Polres sekitar pukul 07.30 s/d 09.15 Wib. Rabu ( 1/7/2020).

Pada acara ini, Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto, S.I.K., M.HP. bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) mengikuti Upacara Virtual dengan Mabes Polri dan menyaksikan amanat dari  Presiden RI, Joko Widodo melalui video conference.

Berikut amanat yang disampaikan Presiden RI : 1. Mengawali amanat ini, atas nama rakyat, bangsa, dan negara Indonesia, saya mengucapkan  selamat  hari  Bhayangkara  ke-74, kepada seluruh anggota dan keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia, di mana pun saudara bertugas.

2. Peringatan hari Bhayangkara tahun ini berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, yang semestinya dilaksanakan secara langsung dengan banyak undangan dan berbagai rangkaian acara, saat ini kegiatan lebih disederhanakan dan upacara sebagai puncak peringatan hari Bhayangkara dilaksanakan secara virtual yang disesuaikan dengan protokol kesehatan. hal ini sebagai realisasi penyesuaian kita terhadap kehidupan normal baru di tengah pandemi covid -19.

3. Demikian juga Polri bersama TNI dengan menggerakan semua perkuatan, juga telah menunjukan kerja nyata sebagaimana harapan kita semua, mulai dari satuan tingkat pusat dan kewilayahan (Polda, Polres dan Polsek), bahkan bhabinkamtibmas telah melaksanakan koordinasi dan sinergi yang baik dengan babinsa dan perangkat desa serta masyarakat pada lapisan terdepan. Stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan tetap terjamin diseluruh indonesia walaupun pandemi covid-19 belum reda, Polri juga telah bekerja keras bersama dengan pemangku kepentingan dalam penanggulangan bencana alam lainnya.

4. Pengungkapan kejahatan dimulai dari kejahatan konvensional yang cenderung meresahkan masyarakat, kejahatan lintas negara seperti kejahatan terorisme, perdagangan gelap narkotika, perdagangan orang, dan kejahatan siber, serta kejahatan berimplikasi kontijensi seperti konflik sosial, kerusuhan massa dan unjuk rasa anarkis, sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara, seperti illegal loging, illegal fishing, dan tindak pidana korupsi. dalam penanganan tindak korupsi. sepanjang tahun 2019 telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai 1,8 triliun dan menyelamatkan keuangan negara senilai 474 Miliar.

5. Polri juga telah menunjukkan hasil kerjanya dalam pengungkapan peredaran gelap narkotika berbagai jenis utamanya sabu dengan jaringan Internasional Timur tengah bahkan sejak awal tahun 2020 hingga menjelang hari Bhayangkara ke 74 Polri telah mengungkap dan mengamankan 6,9 ton narkotika yang diselundupkan ke Indonesia serta menangkap puluhan tersangka dan menyita barang bukti, pada dasarnya polri telah berperan menyelamatkan jutaan anak bangsa.

6. Selanjutnya dalam pengelolaan organisasi polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. laporan keuangan Polri meraih opini wajar tanpa pengecualian dari badan pemeriksa keuangan selama 7 tahun berturut-turut sejak tahun 2012. indeks reformasi birokrasi polri mengalami peningkatan, disertai dengan keberhasilan mewujudkan 102 satker zona integritas, hal ini menempatkan Polri pada urutan kedua kementerian/lembaga dengan zona integritas terbanyak setelah kementerian keuangan.

7. Ke depan, tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks. terorisme dan radikalisme masih menjadi potensi ancaman bagi stabilitas keamanan dalam negeri, demikian pula penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian, menjadi ancaman bagi kerukunan, persatuan, dan kesatuan bangsa kita, kebakaran hutan dan lahan yang terjadi pada beberapa wilayah provinsi di tahun-tahun yang lalu, tahun ini juga harus menjadi perhatian kita semua dalam penanggulangannya. cara dan langkah yang dilakukan oleh polri – tni dan stakeholder terkait perlu dilakukan evaluasi sehingga dari waktu ke waktu akan semakin lebih efektif, di tahun ini juga akan dilaksanakan pemilu kepala daerah (pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota) pada 270 wilayah, yang meliputi 9 Provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. saya percaya dan yakin dengan melihat apa yang dilakukan dalam pengamanan pemilu kepala daerah serentak di tahun 2017 dan 2018. dimana Polri yang didukung oleh tni bersama penyelenggara pemilu telah menunjukkan kerja kerasnya sehingga tidak ada hambatan berarti dalam keberlangsungan pemilu kepala daerah dimaksud.

8. Sebelum mengakhiri amanat ini, saya akan menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas diantaranya :

a. Terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia emas 2045.
b. Strategi Pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat tetap dilaksanakan secara profesional, sehingga akan memiliki daya ungkit yang lebih baik dalam pemulihan keadaan ekonomi dan sosial masyarakat.
c. Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, secara konsisten dan berkelanjutan. pahami betul sejauh mana pemahaman, harapan, dan partisipasi masyarakat, serta lakukan evaluasi terus menerus.
d. Tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan.
e. Perkuat koordinasi dan kerja sama dengan tni, kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.
f. Pelajari dan dalami segala potensi kerawanan dan potensi konflik dalam setiap pentahapan pemilu kepala daerah tahun 2020 dan lakukan penanganan secara profesional dengan mengedepankan tindakan persuasif.
g. Pada kehidupan normal baru, bangun terus disiplin masyarakat untuk mencegah penyebaran covid 19 di tengah kegiatan produktif yang tetap harus dilaksanakan dan kawal setiap langkah pemulihan ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak covid -19.

Usai sambutan Kapolres memberikan Penghargaan kepada Anggota Polisi yang berprestasi. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan  Tasyakuran yang diisi dengan pembacaan doa dan sambutan dari Kapolres AKBP Gatot Yulianto, S.I.K., M.HP.

Berikut kata sambutannya : 

1. Alhamdulillah pada hari ini kita bisa melaksanakan Tasyakuran hari Bhayangkara ke-74 Th 2020 secara serentak di seluruh tanah air secara virtual di tengah pandemi Covid19.

2. Saya selaku Kapolres Brebes mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020 kepada Kepolisian Republik Indonesia.

3. Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh keluarga besar Polres Brebes atas pengabdian saudara kepada masyarakat. Tentunya didukung oleh stakeholder toga tomas dan potensi masyarakat lainnya sehingga situasi kamtibmas di wilayah Kab. Brebes tetap kondusif. 

4. Semoga diusia Polri yang ke-74 ini akan mematangkan karakter menjadi Polri yang lebih profesional modern dan terpercaya. 

5. Pada kesempatan kali ini kita akan memberikan penghargaan kepada anggota yang berprestasi dalam mengungkap kasus tindak pidana. 

6. Kami menyadari bahwa disamping keberhasilan tersebut masih banyak kekurangan yang perlu segera kita perbaiki terutama dibidang pelayanan publik. Sehingga bisa mendapatkan simpati masyarakat Kab. Brebes. 

7. Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat Brebes beserta instansi terkait yang telah berpartisipasi mendukung pelaksanaan tugas Polres Brebes. 

8. Kami menyampaikan permohonan maaf kepada segenap komponen masyarakat melalui Bupati Brebes atas segala kekurangan Polres Brebes dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Koreksi dan teguran sangat kami butuhkan dalam rangka membangun dan menguatkan kinerja Polres Brebes.  

9. Demikian sambutan saya ,semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan ridho - Nya sehingga Polri kedepan dapat mengabdi kepada masyarakat semakin lebih baik.

Acara selanjutnya sambutan dari Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti S.E., M.H.

Berikut kata sambutan Bupati Brebes : 
1. Saya sampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-74 kpd jajaran Kepolisian. *Dirgahayu Bhayangkara!!!* Semoga Polri semakin meningkatkan pengabdian, pelayanan dan perlindungan terhadap masyarakat. 

2. Atas nama masyarakat Kab. Brebes kami sampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota Polres Brebes, atas dedikasinya menjaga kamtibmas di wilayah Kab. Brebes. 

3. Semoga polri semakin profesional dalam menjalankan tugas yg diberikan oleh Negara dengan menjalankan *TRIBRATA & CATUR PRASETYA* setulus hati dan penuh keikhlasan. 

4. Tentunya dalam bertugas banyak juga kritik dari berbagai pihak, namun anggaplah kritik tersebut sebagai senjata untuk membangun lebih baik lagi.

5. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan ridho sehingga Polri semakin mantap dalam mengabdikan kepada bangsa.

Tampak sejumlah pejabat dan peserta yang hadir adalah :
1. Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Faisal Amri, S.E.
2. Ketua Dprd Sdr. M. Taufik, S.Sn.
3. Ketua pengadilan agama Sdr. Drs. H. Abdul Basyir, M.Ag.
4. Ketua Pengadilan negeri Sdr. Tornado Edmawan, S.H., M.H.
5. Ketua Kejaksaan Sdr. Emy Munfarida, S.H.
6. Waka Polres Brebes Kompol Suryo Wibowo, S.I.K.
7. Kabag Ops Polres Brebes Kompol Raharja, S.H., M.H.
8. Kabag Sumda Polres Brebes Drs. Subagyo, M.H. 
9. Para Kabag, Kasat dan Perwira Polres Brebes.
10. Seluruh Anggota dan staf Polres Brebes.  

Acara ditutup dengan Pemberian tali asih kepada Purn. Polri dan Warakawuri oleh Bupati Brebes. Dan Prosesi pemotongan tumpeng.

(Salam)
 
Top