Pernikahan Adat Melayu Batam, Berikut Penjelasannya Kabid Disbudpar


Pernikahan Adat Melayu Batam, Berikut Penjelasannya Kabid Disbudpar

Pelaminan Adat Melayu Batam - Kepulauan Riau
BATAM I KEJORANEWS.COM: Wilayah Batam dulunya masuk di bawah Kesultanan Riau, Lingga, Johor, dan Pahang - Malaysia. Kesultanan ini berakhir di tahun 1913 silam. Pengaruh dan jejak budaya yang ditinggalkan tetap jadi warisan hingga kini. Sabtu, (04/07/2020)

Salah satunya, pada pelamin Melayu yang memiliki warna kebesaran yakni kuning, hijau, biru, hitam, dan merah. Untuk warna kuning, untuk kerabat sultan dan anak-anaknya. Warna hijau untuk para alim ulama, biru untuk pembesar istana, warna merah untuk laksmana dan panglima, sementara hitam untuk pemangku adat.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kabid Disbudpar) Kota Batam, Muhammad Zen menyampaikan terkait adat upacara perkawinan, baik itu di area pelaminan, hingga dekorasi pada umumnya.

Selain warna kuning, ada dua warna lain yang juga tak pernah luput dari gawai orang Melayu, yakni hijau dan merah. Masyarakat kebanyakan menyebut pelaminan adalah tampat sepasang pengantin bersanding.

Bagi masyarakat Melayu, ada yang sedikit berbeda. Ia menjelaskan pelamin adalah tempat tidur pengantin. Di sekelilingnya, dihias dengan tabir belang, artinya tabir berwarna warni.

Kemudian, ada tabir pukang ayam, berjumlah tiga tabir yang di dalamnya terdapat tabir gulung namun tidak kelihatan. Cara menurunkan tabir gulung ke bawah menggunakan kayu, namun baru diturunkan saat pengantin akan tidur.

Di tabir pukang ayam itu terdapat sulam tekat, yang berupa motif dari kertas prada atau benang songket yang disulam. Motifnya, menyesuaikan lambang Islam, yakni bulan bintang.

Susunan bantal juga menghias di pelamin, terdapat empat bantal gadok, delapan bantal seraga, bantal telur buaya dan bantal sandar. Tak lupa, dilengkapi bantal guling, serta kasur.

Bantal sadok berada di belakangnya dan tempat bersandar. Kemudian, tabir selak terdapat di kiri dan kanan. Dalam tempat bersanding ini, yang wajib ada adalah peti atau kotak. "Itulah yang disebut dengan pelamin atau tempat tidur," terangnya di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM), Batam Centre - Batam.

Pakaian Adat Melayu Kepulauan Riau
Ia melanjutkan pelamin terdapat ulas atau tangga bermotif kertas prada atau kuningan. Warna ulas sendiri berwarna hijau dan motifnya berwarna keemasan dan kainnya berwarna merah. Pada ulas yang menyentuh lantai tidak diberikan motif, hanya kain saja disebut gerai.

Tempat bersanding pengantin juga bertingkat-tingkat. Dalam bahasa Melayu, disebut peterakne, yang terbagi dari tiga kata. Yakni, pe yang artinya peti atau kotak, rak artinya bertingkat, dan ne artinya lebih dari satu.

Jumlah tingkatan peterakne harus ganjil karena Melayu identik dengan budaya Islam yang banyak menggunakan angka ganjil, serta dihias dengan tekat. Jumlah tingkatan, misalnya tiga, pada umumnya untuk para datuk. Sedangkan lima tingkatan, untuk kerabat Sultan.

Fungsi dari peterakne ini adalah tempat acara tepuk tepung tawar, makan bersuap, setelah itu makan berhidang di bawah pelamin. Kedua pengantin makan Nasi Besar atau pulut kuning, saat duduk di atas peterakne atau pelaminan.

Saat menyuap, dilakukan dengan suapan yang sangat sedikit. Acara saling suap itu dibimbing oleh Mak Andam, dilakukan sebanyak tiga kali bergantian. Urutannya, istri kepada suami dan suami kepada istri. Setelah itu, suaminya mengajak istrinya turun dari peterakne dengan mengaitkan kedua kelingking.

"Pada zaman dulu, pelaminan dengan tempat bersanding itu berhadapan, seperti terdapat di Rumah Limas Potong di Batubesar, Nongsa, yang disekat menjadi dua. Dalam kamar itulah dibuat pelamin dan tempat bersanding, kemudian di sekelilingnya dihiasi tabir," ungkapnya.

"Di bawah pelamin untuk makan berhadapan, didampingi oleh Mak Andam, yang artinya pelayanan istri terhadap suami setelah menikah,” terangnya.

Seperti kebanyakan tempat bersanding dari daerah lain, terdapat payung pengantin. Lanjutnya dalam budaya Melayu, juga terdapat payung yang terletak di sebelah kiri dan kanan peterakne.

"Payung ada, namun payungnya ditutup, tidak boleh dikembangkan. Kalau berarak, baru payung dikembangkan. Warna payungnya warna kuning, melambangkan ciri khas Melayu," tutupnya.


Andi Pratama
Lebih baru Lebih lama