Rakor Video Conference Persiapan Pilkada se-Kepri : Pilkada Digelar 9 Desember 2020


Rakor Video Conference Persiapan Pilkada se-Kepri : Pilkada Digelar 9 Desember 2020

Sekda Wan Siswandi dan Jajaran saat Ikuti Vicon -
BATAM I KEJORANEWS.COM : Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi didampingi beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Rapat Kantor BP3D Kabupaten Natuna, mengikuti rapat melalui Video Conference ( Vicon) Pembahasan Persiapan PILKADA Bersama Bupati/Walikota, KPU dan BAWASLU Provinsi, Kabupaten/Kota se Provinsi Kepulauan Riau, Jum'at(12/6/2020) pagi.

Hadir dalam Rapat Vidcon tersebut diantaranya  Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Ketua KPU dan Bawaslu Provinsi, Bupati dan Walikota atau yang mewakili Se Provinsi Kepulauan Riau, Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota se Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam kesempatan tersebut pimpinan rapat sekaligus Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Arif Fadillah menyampaikan bahwa Provinsi Kepulauan Riau akan menggelar Pilkada serentak baik Gubernur/Wakil Gubernur maupun di tingkat Kabupaten/Kota pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Adapun persiapan yang telah dilaksanakan dalam rangka persiapan pesta demokrasi tersebut, diantaranya penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemprov Kepri dengan KPU dan Bawaslu pada tanggal 12 September 2019, dengan salah satu poin pentingnya adalah menambah jumlah anggaran operasional yang disebabkan kondisi Pandemik Covid-19.

Masih terkait anggaran, Arif Fadillah berharap agar KPU baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk segera melakukan revisi pengajuan anggaran, mengingat pengajuan sebelumnya tidak sesuai dengan operasional pelaksanaan Pilkada dengan ketentuan protokoler kesehatan, dimana harus menggunakan berbagai fasilitas pendukung pencegahan Covid-19.

Selain itu, penandatangan NPHD antara Pemprov Kepri dengan Polda Kepri tanggal 14 Februari 2020 lalu, melakukakn Rakor bersama Binda Kepri terkait rencana bidang pengamanan, membentuk Desa Pilkada 2020, melakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait, mengingat pelaksanaannya nanti akan menerapkan protokol kesehatan Covid -19.

Hal senada juga ditambahkan Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau, Sriwati yang menyampaikan mengenai masalah anggaran Pilkada serentak,  antara Pemerintah Daerah, KPU, Bawaslu dan pihak terkait akan segera melakukan pembahasan lebih terperinci.

Hal ini menjadi penting mengingat sebagian besar Kabupaten/Kota mengalami devisit anggaran yang dialihkan kepada Pemerintah Pusat bagi mendukung penanganan Covid-19. 

Untuk kesiapan ditingkat daerah, Sekretaris daerah Kabupaten Natuna Wan Siswandi, juga menyampaikan bahwa Kabupaten Natuna sejauh ini sudah melakukan berbagai persiapan yang dibutuhkan, baik secara fasilitas maupun koordinasi lintas sektoral. 
Jajaran ASN Natuna saat Ikuti Video Conference
Kakansatpol Natuna, Dodi Nuryadi
Kakankesbang Natuna, Muhtar Ahmad
Sekda Natuna, Wan Siswandi

(Pro/humas)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama