{[["☆","★"]]}
Penyerahan secara simbolis kepada penerima BLT-Dana Desa Tarempa Barat -
ANAMBAS | KEJORANEWS.COM : Pemerintah Desa Tarempa Barat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap I Tahun 2020 secara simbolis kepada sejumlah penerima di Aula Balai Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan. Selasa (19/05/2020)

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Camat Siantan, Ketua BPD Desa Tarempa Barat, Kamtibmas Polres Kepulauan Anambas, Babinsa, Tenaga Pendamping Desa Pemberdayaan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Desa Tarempa Barat.

Kepala Desa Tarempa Barat, Asmarandi dalam sambutannya mengatakan calon penerima BLT-DD sudah sesuai dengan aturan yang ada.

"Alhamdulillah, hasil pendataan yang kita lakukan melalui RT-RT, Desa Tarempa Barat menetapkan nama calon penerima sebanyak 171 Kepala Kelurga (KK), berdasarkan hasil pra musyawarah dan ditetapkan dengan keputusan camat," Ucap Asmarandi.

Sebelumnya, Asmarandi menjelaskan bahwa warganya sebanyak 138 KK sudah mendapatkan bantuan sosial bersumber dari APBD Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Kemarin kita sudah melakukan penyaluran Bansos dari kabupaten dengan jumlah 138 KK, bantuan tersebut langsung disalurkan oleh tim kabupaten,"

"Untuk bantuan sosial dari Provinsi Kepri sudah kita ajukan sebanyak 252 KK, semoga yang bantuan provinsi kita usulkan dapat diakomidir semua" Harap kepala desa dua periode tersebut.

Asmarandi berharap, kepada calon penerima Bansos dari pemerintah tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakatnya ditengah-tengah situasi sulit dampak Covid-19.

Asmarandi menambahkan, BLT-DD tahap kedua akan disalurkan selesai lebaran.

"Insyaallah, setelah lebaran kita akan penyaluran tahap kedua, bantuan ini tidak bisa dititip, kecuali ahli waris dengan kondisi-kondisi tertentu," Tutupnya.

Sementara itu, Camat Siantan, Rio Rizal mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa beserta perangkatnya yang sudah bekerja dengan baik dalam proses pendataan.

Ia menegaskan bahwa besaran BLT-DD sudah ditentukan sesuai aturan untuk selama tiga bulan yaitu bulan April, Mei dan Juni.

"Untuk besaran anggaran tersebut sudah ditetap oleh pemerintah pusat dengan jumlah Rp 600.000 per KK dan begitu juga jumlah calon penerima sesuai dengan presentase anggaran desa,"

"Baru tiga desa di Kecamatan Siantan yang sudah menyalurkan BLT-DD, yaitu Desa Tarempa Selatan, Desa Pesisir Timur dan Desa Tarempa Barat," Jelasnya.

Kepada penerima, Ia berharap, bantuan yang diberikan pemerintah tersebut dapat bermanfaat menjelang memasuki hari lebaran Idul Fitri untuk umat Islam.

Diketahui penyaluran BLT-DD tersebut akan disalurkan mulai hari Rabu (20/05/2020) sampai Kamis (21/05/2020) kepada sejumlah penerima BLT-DD di Balai Desa Tarempa Barat. 


(Ardian) 
 
Top