{[["☆","★"]]}
Animasi Web Kartu Prakerja
JAKARTA I KEJORANEWS.COM:  Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan gelombang pertamanya dibuka hingga Kamis 16 April pukul 16.00. Sampai akhir 2020, direncanakan akan ada lebih dari 30 gelombang pendaftaran. Senin, (20/04/2020) 

"Jika belum berhasil diterima menjadi peserta pada gelombang pertama, pendaftar bisa  bergabung di gelombang selanjutnya, tanpa harus melakukan proses pendaftaran lagi," katanya dalam keterangan resmi di Jakarta.

Pengumuman penerimaan peserta gelombang pertama, lanjutnya akan disampaikan Jumat (17/4) dan pelatihan dapat dimulai Sabtu (18/4) di mitra digital platform. Pelatihan offline atau tatap muka bisa dilakukan setelah suasana pandemi mereda.

Pemerintah menyiapkan anggaran Kartu Prakerja Rp 20 triliun, pendaftaran dibuka secara online melalui laman resmi prakerja.go.id dan dibuka dari tanggal 11 April 2020 sampai September 2020.

"Sasaran program Kartu Prakerja adalah korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), pencari kerja, serta para pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) yang terdampak pandemi Covid-19," terangnya.

Pemerintah melakukan pembaruan data dari kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah yakni melalui Dinas Tenaga Kerja, Pariwisata, Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan, atau asosiasi usaha yang terdampak seperti transportasi dan ritel.

Ia melanjutkan, lebih dari 900 pelatihan online, dengan beragam jenis dan tingkatan, dari pemula sampai tingkat mahir akan tersedia di delapan digital platform. Setengahnya adalah jenis pelatihan yang praktis, ringan, dan dapat menghasilkan pendapatan baru.

Bidang pelatihannya antara lain pengenalan teknologi informasi untuk pemula, akuntansi untuk pemula, pelatihan da’i muda, menjadi MC andal, manajemen warung kopi, bahasa inggris praktis untuk pelaku pariwisata, dasar keterampilan housekeeping, dan belajar menjadi telemarketer.

"Kepada penerima Kartu Prakerja akan diberikan pemberitahuan melalui email dan/atau SMS. Kartu Prakerja bukanlah kartu fisik, melainkan sebuah kode unik 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan," tutupnya.

Peserta bisa memilih pelatihan yang diinginkan pada  platform digital mitra resmi program Kartu Prakerja, yaitu Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir, dan Sisnaker.

Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp 3.550.000, yang terdiri dari:
Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000 yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di digital platform mitra.
Insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo, atau GoPay milik peserta.

Insentif ini terdiri dari dua bagian:
Insentif pascapenuntasan pelatihan pertama sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan (Rp 2.400.000).
Insentif pascapengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk tiga kali survei (Rp 150.000).

Cara pendaftaran Kartu Prakerja secara online, harus menyiapkan beberapa dokumen, yaitu:
Data lengkap diri bersama Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP, Nomor telepon (aktif) dan Email (aktif).

Syarat Kartu Prakerja:
Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 18 tahun (saat mendaftar), Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Berikut cara membuat akun kartu pra kerja di laman resmi www.prakerja.go.id:
Masukkan nomor ponsel atau alamat email yang aktif. Klik kolom Daftar. Kemudian pilih menu metode verifikasi. Masukan kode verifikasi diterima baik lewat SMS atapun email. Jika selesai, maka pendaftaran berhasil dan pendaftar sudah punya akun Kartu Pra Kerja.

Setelah beres membuat akun Kartu Prakerja,  calon bisa langsung mendaftarkan diri. Caranya:
Masuk laman prakerja.goi.id,  login akun, dan klik menu daftar Kartu Prakerja. Isi formulir pendaftaran sesuai format yang disediakan. Langkah selanjutnya diminta mengisi tes kemampuan dasar.

Kemudian, klik selesai. Setelah selesai melakukan mengisi formulir pendaftaran dan tes kemampuan dasar  pendaftar  akan menerima notifikasi lewat akun  yang sudah terdaftar. Dan bisa langsung buka akun di situs Kartu Prakerja (prakerja.goi.d), setelah masuk akun, tinggal klik menu Cek Status Pendaftaran.

Kartu Prakerja tak hanya untuk mereka yang  mencari pekerjaan, melainkan juga untuk buruh, karyawan dan pegawai. Pendeknya, semua warga bangsa yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar.


Andi Pratama
 
Top