{[["☆","★"]]}
Pemeriksaan ABK -
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Keterbatasan sarana Alat Pelindung Diri (APD) terutama untuk pakaian Hazard atau APD Cover All, meyebabkan tim Gugus Tugas  (Gusgas) Covid – 19 Kabupaten Natuna, melakukan pemeriksaan kesehatan dengan menggunakan perlengkapan seadanya. 

Dari pantauan di lapangan, saat melakukan pemeriksaan kesehatan para Anak Buah Kapal  (ABK) Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam pada hari Minggu lalu, petugas Gusgus Covid – 19 hanya menggunakan pakaian anti hujan dan masker. 

Juru bicara Gugus Tugas Covid – 19 Natuna, Hikmat Aliansyah, saat dikonfirmasi mengenai APD tim Gusgas mengatakan, Gugus Tugas Covid – 19 sebelumnya telah menerima 100 unit pakaian Hazard dari Pemerintah Provinsi Kepri, namun dari jumlah tersebut kemudian juga dibagikan  kepada setiap Puskesmas di Natuna, dan sisanya untuk Tim Gugus Tugas Kabupaten. 

Sehingga dengan demikian maka jumlah APD Cover All, tidak mencukupi untuk seluruh tim saat turun ke lapangan.

“Kita bagi setiap Puskesmas itu 5 pasang APD Cover All,dan juga ke RSUD Natuna 30 unit,  nah jumlah ini tentu tidak cukup untuk keseluruhan. Sementara yang diorder sendiri oleh Pemerintah Daerah Natuna, belum juga tiba, jadi kita terpaksa menggunakan pengaman seadanya,” jelas Hikmat, di Ranai, Rabu (8/4/2020).

Meski dengan menggunakan APD seadanya, namun dalam melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat, petugas kesehatan tetap memproteksi diri agar tidak tertular virus penyakit dari orang yang diperiksa, seperti dengan menggunakan masker, menjaga jarak dengan yang diperiksa.

Selain itu pemeriksaan kesehatan diluar ruangan seperti saat memeriksa kesehatan para ABK KIA Vietnam, tambah Hikmat, masih aman mengingat dilakukan di luar ruangan dengan cuaca yang cukup panas, karena virus Covid – 19 tidak dapat bertahan lama di luar ruangan yang panas.

“Insya Allah aman, makanya kita lakukan pemeriksaannya di luar ruangan di kapal mereka, karena kan cuaca juga sangat panas. Kalau di dalam ruangan pastilah kita akan lebih hati – hati, dan tim yang memeriksa pasti yang menggunakan pakaian APD lengkap,” tambah Hikmat.

Setiap pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Tim Gusgas Covid – 19 dilaksanakan sesuai dengan Standar Operasional prosedur (SOP) dan  Protokol pencegahan Covid, hal ini dilakukan juga guna menghindari terjadinya penularan virus dari orang yang diperiksa kepada tim pemeriksa.

(Pur)
 
Top