{[["☆","★"]]}
Deputi IV Kemenkopolhukam, Rudianto saat meresmikan Gerbangdutas tahun 2020 -
ANAMBAS | KEJORANEWS.COM : Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Republik Indonesia (RI) laksanakan pencanangan Gerakan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2020 yang berlokasi di daerah perbatasan Kabupaten Kepulauan Anambas tepatnya di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Anambas, Pasir Peti. Senin (16/03/2020)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Prof H Muhammad Tito Karnavian, Ph.D selaku Kepala BNPP RI dalam sambutannya yang diwakili oleh Plt Sekretaris BNPP RI Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si mengatakan BNPP memiliki tugas dalam menetapkan kebijakan program pembangunan perbatasan, menetapkan kebutuhan anggaran, mengkoordinasikan pelaksanaan dan melaksanakan evaluasi dan pengawasan.

"Melalui 4 (empat) tugas BNPP tersebut dalam pengelolaan perbatasan terus berupaya mendorong Kementerian/Lembaga dan pemeritah daerah untuk mempercepat pembangunan perbatasan negara dan mengurangi kesenjangan antar wilayah," kata Suhajar yang mewakili Kemendagri RI. 

Lebih lanjut Suhajar mengatakan kegiatan Gerbangdutas itu dapat dijadikan momentum yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kinerja pengelolaan perbatasan negara.

"Hal ini ditandai dengan peningkatan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas antar pemangku kepentingan dalam pengelolaan perbatasan negara, yaitu pemerintah pusat (Kementerian/Lembaga), pemerintah daerah, pelaku usaha dan stakeholders yang lainnya," sambungnya. 
Plt Sekretaris BNPP RI, Dr H Suhajar Diantoro, M. Si saat sambutan
Suhajar menambahkan penetapan kegiatan Gerbangdutas di Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan representasi dari wujud nyata hadirnya pemerintah di kawasan perbatasan negara. 

"Hal ini mengingat secara geografis wilayah kabupaten Kepulauan Anambas memiliki nilai yang strategis ditinjau dari aspek geopolitis dan geoekonomi, yang merupakan Kabupaten perbatasan laut di Provinsi Kepulauan Riau yang wilayahnya menjadi perhatian dunia," Tambahnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Kepulauan Anambas yang terdiri dari gugus-gugus pulau kecil masih memerlukan perhatian dalam pembangunan yang bersifat kebutuhan dasar bagi masyarakat. 

"Adapun permasalahan yang masih dialami di daerah Kepulauan Anambas yaitu telekomunikasi yang belum terlayani dan tersentuh secara maksimal dibeberapa kecamatan dan kebutuhan dasar bagi masyarakat seperti air bersih serta masih membutuhkan percepatan pembangunan akses jalan nasional bagi daerah Kepulauan Anambas," ujar Haris.
Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, S.H saat sambutan
Lanjut Haris berkeyakinan dengan adanya pencanangan Gerbangdutas itu bisa memberikan perhatian lebih terhadap daerah perbatasan khususnya bagi Kabupaten Kepulauan Anambas. 

"Sehingga dengan Gerbangdutas hari ini bisa dapat menjawab permasalahan tersebut," pungkasnya. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Menteri Kordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkolpolhukam), Muhammad Mahfud MD selaku Ketua pengarah BNPP yang diwakili oleh Rudianto, Deputi IV Pertahanan Negara Kemenkopolhukam ditandai dengan pemukulan Bedug.

Dikesempatan itu juga diadakan penandatanganan Prasasti Peresmian hasil kegiatan hingga tahun 2019 diantaranya Kantor Bupati Kepulauan Anambas, Mapolres Kepulauan Anambas, Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Anambas, Pelabuhan Letung, Pelabuhan Roro Matak, Pasar Baru Antang, Pasar Tradisional Letung, Gudang Non SRG, Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Puskesmas Siantan Tengah, Puskesmas Jemaja Timur, Puskesmas Letung, SDN 003 Tarempa, SDN 005 Lidi, SDN 008 Langir, SDN 009 Pulau Darak dan SDN 015 Teluk Durian.

(Ardian) 

 
Top