{[["☆","★"]]}
Pemeriksaan suhu tubuh penumpang pesawat yang turun di bandara Raden sadjad Natuna


NATUNA | KEJORANEWS.COM : Mengantisipasi masuknya virus Corona ke Natuna, Dinas kesehatan bersama Instansi terkait melakukan pengawasan dan pemeriksaan suhu tubuh, kepada masyarakat melalui dua pintu gerbang yakni  Bandara Raden Sadjad dan Pelabuhan Selat Lampa.

Pemeriksaan suhu tubuh terhadap masyarakat yang masuk melalui jalur laut dilakukan Dinas Kesehatan bersama Polres Natuna, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KPP)  di Pelabuhan Selat Lampa pada minggu (15/3/2020) bertepatan dengan sandarnya KM. Bukit Raya dari Tanjung Pinang tujuan Pontianak.

Sementara itu pemeriksaan suhu tubuh melalui bandara Raden Sadjad yang dilakukan berkoordinasi dengan rumah Sakit Terintegrasi TNI, mulai dilakukan pada Senin (16/3/2020) pagi diawali dengan turunnya penumpang dari Pesawat Wings Air dan dilanjutkan dengan penumpang yang turun dari Pesawat Sriwijaya Air.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Rizal Rinaldi di Ranai mengatakan, dari pemeriksaan suhu tubuh itu tidak ditemukan adanya warga yang memiliki suhu tubuh tinggi.

“Alhamdulillah, sejauh ini tidak ada yang kita temukan penumpang dengan kondisi demam panas ataupun sesak dan salesma, semua dalam kondisi baik,” ujar Rizal Rinaldi, Senin (16/3/2020).

Pemeriksaan suhu tubuh para penumpang yang masuk Natuna dengan menggunakan Kapal Laut dan Pesawat Udara akan dilakukan setiap hari, sampai kasus darurat Corona dinyatakan berakhir oleh pemerintah.

Sementara itu, selain melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada warga yang baru tiba di Natuna, upaya pencegahan virus corona juga dilakukan dengan  sosialisasi kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Natuna menambahkan, masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam mencegah penyebaran virus corona dengan cara tetap menjaga kesehatan tubuh dan segera memeriksakan diri kepusat layanan kesehatan Puskesmas atau Rumah Sakit.

“ Kita beri edukasi kepada masyarakat, jaga stamina, makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, itu yang selalu dan terus kita sampaikan kepada masyarakat,’’ tambahnya.

Selain itu masyarakat diminta untuk tetap bersikap tenang tidak terpengaruh dengan pemberitaan mengenai Virus Corona.

 Dengan tetap menjaga pola hidup sehat dan tidak bersentuhan dengan sesama meski hanya bersalaman, diyakini dapat mencegah penularan dan terjangkit virus Corona.


(Pur)
 
Top