Tingkatkan Akses Internet untuk Kute Siantan dan Jemaja, Diskominfotik akan Sewa Bandwith


Tingkatkan Akses Internet untuk Kute Siantan dan Jemaja, Diskominfotik akan Sewa Bandwith

Alat Komunikasi dari Kapal -
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Demi meningkatkan akses jaringan komunikasi dan internet yang lelet di daerah Kecamatan Kute Siantan dan Kecamatan Jemaja, Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) akan segera menyewa bandwidth berkecepatan tinggi milik operator Moratelindo pada kedua wilayah itu sebagai salah satu upaya menanggapi keluhan warga.

Sempat diberitakan beberapa waktu yang lalu oleh beberapa media, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palmatak, Kecamatan Kute Siantan masih mengalami kendala dalam mengakses pelayanan BPJS seperti mengecek kartu BPJS pasien dan pembuatan kartu JKN-KIS.

Jeprizal, S.Kom Kepala Diskominfotik Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan bahwa, dengan adanya bandwith kecepatan tinggi nanti maka akan dapat dimanfaatkan untuk pelayanan masyarakat umum, salah satunya pihak Rumah Sakit Palmatak.

"Dengan bandwith berkecepatan tinggi, maka pihak rumah sakit di Palmatak dapat memberikan pelayanan kesehatan BPJS dan layanan kesehatan online lainnya secara cepat," ucapnya kepada sejumlah media, Sabtu (29/02/2020). 

Jeprizal memperkirakan, akses internet berkecapatan tinggi baru bisa dapat dimanfaatkan warga pada akhir bulan April mendatang. Dia juga mengungkapkan pihak operator infrastruktur komunikasi yaitu moratelindo terus menggesa pembangunan tower di Bukit Bayur Kute Siantan dan Batu Berapit di Jemaja. 

Dia menambahkan untuk mengantar internet ke wilayah yang sedang mengalami kendala kecepatan akses, tidak dapat dilakukan jika tidak tersedia infrastruktur seperti tower atau fiber optik oleh operator sebagai  media penghubungnya.

"Jadi sampai kapanpun internet cepat tak akan bisa sampai di suatu daerah jika tak ada operator.  Dan untuk membangun itu operator tentu butuh waktu penyelesaian pekerjaannya. Tetapi Insha Allah kalau tak ada halangan seperti cuaca, maka pekerjaan akan siap di akhir Maret dan Bulan April Insa Allah kita akan alokasi sewa bandwidth operator untuk kebutuhan RS tersebut sehingga apa yang menjadi kebutuhan rumah sakit salah satunya kebutuhan jaringan untuk layanan aplikasi  BPJS kesehatan akan terpenuhi," tambahnya lagi.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk ke depan pihak telkom group akan mengelar kabel optik dalam memperluas jaringan layanan indi home di Kecamatan Palmatak dan Kute Siantan. Dan itu akan terealisasi setelah selesai pekerjaan pergelaran kabel optik telkom pada kedua kecamatan tersebut. 

"Jika perangkat ini sudah tersedia, maka selain dapat dinikmati oleh masyarakat umum, pihak pemda juga bisa menyewa akses internet untuk kebutuhan kantor camat dan desa," lanjutnya. 

Di lain pihak, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas, Heriyanto mengungkapkan selama ini pihak rumah sakit masih menggunakan layanan internet melalui telkomsel. Kemudian terkait keluhan pelayanan, pihak RSUD juga telah menyurati Diskominfotik untuk menggesa penggunakan akses internet berkecepatan tinggi. 

"Selama ini memang tidak ada jaringan internet, pihak RSUD sudah menyurati Kominfo, terkait dengan pelayanan BPJS masih memakai jaringan telkomsel," pesan Heriyanto melalui media whatsapp.

Diketahui saat ini infrastruktur peralatan Tower Moratelindo yang akan dipasang sedang dalam proses pengiriman dari Tanjungpinang dan diperkirakan akan tiba di Tarempa malam ini melalui Kapal KM Sabuk Nusantara.

( Ardian)
Lebih baru Lebih lama