Peluncuran Pilkada Anambas Tahun 2020 : Sistem Pilkada E-Rekap


Peluncuran Pilkada Anambas Tahun 2020 : Sistem Pilkada E-Rekap

Peluncuran Tahapan Pilkada 2020 Anambas -
ANAMBAS I KEJORANEWA.COM : Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) gelar Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati KKA tahun 2020 di Lapangan Sulaiman Abdullah, Kelurahan Tarempa. Jum'at malam (24/01/2020).

Hadir  di acara Komisioner KPU KKA, Bawaslu KKA, Komisioner KPU Provinsi Kepulauan Riau, Bupati Kepulauan Anambas, Kapolres Anambas, Anggota DPRD KKA, Lanal Tarempa, Danramil Tarempa, Kemenag, pimpinan partai politik KKA, Tokoh masyarakat dan Kepala OPD KKA beserta Tim pemenangan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati KKA. 

KPU KKA yang diketuai Jufri Budi dalam sambutannya mengatakan bahwa acara peluncuran Pilkada Anambas tahun 2020 merupakan mulainya tahapan pilkada tahun 2020.

"Ini sebagai tanda dimulainya proses tahapan Pilkada tahun 2020, yang akan dilaksanakan pada 23 September 2020, " ucap Budi.

Budi berharap dalam proses Pilkada Anambas tahun 2020 ini partisipasi pemilih Anambas dapat meningkat dari Pilkada sebelumnya. 

Dalam kesempatan itu KPU Provinsi Kepri Widiyono Agung ST, mengungkapkan Pilkada tahun 2020 akan berlangsung secara profesional dengan sistem E-rekap dari setiap kecamatan sehingga mencegah kecurangan dan hilangnya suara pemilih. 

"Dengan adanya perhitungan E-rekap dalam Pilkada tahun 2020 ini, sesuai arahan KPU Pusat kepada setiap KPU Kabupaten/Kota hingga sampai ketingkat PPS harus mengedepankan profesional dan kejujuran demi terciptanya demokrasi yang adil dan jujur," jelas Agung Komisioner KPU Provinsi.

Lanjut Agung mengatakan sistem E-rekap dapat mempermudah melihat terjadinya penyimpangan suara dan mempercepat proses rekapitulasi hitungan suara setiap TPS. 

"Misalnya di kelurahan ada 10 TPS, kemudian dimasukkan ke sistem E-rekap dan ada salah satu TPS yang diprotes dan dipermasalahkan, maka pada TPS tersebut langsung dihentikan sementara tanpa mengganggu rekap pada TPS lainnya," tambahnya.

Maka dari itu Agung mengharapkan pemerintah daerah dapat membantu dan memfasilitasi ketersediaan jaringan internet di setiap kecamatan. Namun jika ada kecamatan yang belum tersentuh jaringan internet maka tetap dihitung secara manual. 

Diketahui pada Pilkada tahun 2015 partisipasi pemilih di Anambas mencapai angka 76% dan mengalami peningkatan pada Pemilu dan Pilpres 2019 partisipasi pemilih di Anambas mencapai 86%.

Sementara itu Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris SH, menyampaikan dengan adanya pesta demokrasi tahun 2020, dapat terlaksana dengan baik karena menurutnya pesta demkorasi merupakan gawai dari kita dan untuk kita. 

Terakhir dia juga meminta KPU KKA dapat lebih memperbanyak program sosialisasi Pilkada 2020 ke unsur masyarakat guna meningkatkan partisipasi pemilih di Anambas. 

Dipuncak kegiatan KPU KKA dan Instansi terkait dari KPU Provinsi Kepri, Bawaslu KKA, pemerintah daerah KKA dan Polres KKA melakukan peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dengan menekan tombol sirene sebagai tanda mulainya demokrasi Pilkada 2020 di Anambas. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan hiburan dari artis ibukota Provinsi Kepulauan Riau yaitu Ona Satra dan Yuli LIDA 2018.

( Ardian)
Lebih baru Lebih lama