{[["☆","★"]]}
Petugas Kesehatan Puskesmas Sengkuang, Rohani (Kiri)
BATAM I KEJORANEWS.COM : Bintara Pembina Desa (Babinsa) 04/Seraya, Koramil 01/Batam Timur hadiri kegiatan penyuluhan penyakit HIV dan TBC, serta Kesehatan ibu-ibu hamil. Jum'at (13/12/2019)

Dilokasi kegiatan, Babinsa 04/Seraya, Sersan Satu (Sertu), Imam Muddin mengatakan kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan dalam tahun ini di Kelurahan Kampung Seraya - Batam.

"Kegiatan ini sangat penting bagi ibu-ibu sendiri, terutama masalah kesehatan kandungan," terangnya dalam giat tersebut, dan turut hadir Sekretaris Lurah Seraya, dari Puskesmas Sengkuang, serta Kader Posyandu Mawar.

Selanjutnya ditempat yang sama Petugas kesehatan dari Puskesmas Sengkuang, Rohani menyampaikan terkait penyakit HIV AIDS yang mana adalah kumpulan/gejala penyakit yang disebabkan oleh adanya penurunan kekebalan tubuh manusia.

"HIV adalah virus yg membunuh sel darah putih di dalam tubuh manusia, sedangkan fungsi sel darah putih itu sendiri melawan infeksi dan penyakit yang menyerang tubuh manusia," jelasnya.

Lanjut, Rohani mengatakan sedangkan cara penularan HIV melalui tiga (3) hal, Melalui produk darah baik itu transfusi, alat suntik/iris yang tercemar HIV, Narkoba suntik, Tato dan Pisau cukur, Melalui ibu ke janin/ke bayinya, dan Melalui hubungan seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi HIV.

"Sedangkan HIV itu sendiri terdapat di darah, cairan kelamin pria, cairan kelamin wanita dan air susu ibu," tutupnya dan kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kandungan ibu-ibu hamil yang hadir.



Andi Pratama
 
Top