{[["☆","★"]]}
Wakil Bupati Kalungkan Tanda Peserta-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Bertempat di Faslabuh TNI Angkatan Laut, Sabtu (14/12/2019) pagi dilaksanakan pembukaan perkemahan bela negara yang digelar pangkalan TNI AL Ranai dalam rangka rangkaian peringatan hari Armada ke 55 tahun 2019.

Perkemahan yang telah dimulai sejak Jum’at petang itu, sempat mendapat gangguan angin kecang musim utara yang hampir memporak -porandakan perkemahan dan meluluh lantakkan baliho kegiatan yang terpasang di Faslabuh, sehingga peserta kemah yang terdiri dari siswa SMA sederajat serta mahasiswa Sekolah tinggi Agama Islam- STAI di kabupaten Natuna terpaksa diinapkan dibarak prajurit di faslabuh.

Meskipun demikian, kegiatan yang dibuka secara resmi oleh wakil Bupati Natuna ngesti Yuni Suprapti itu, berjalan dengan lancar.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Natuna menyampaikan, kegiatan bela negara yang merupakan instruksi langsung dari Kepala Staf  TNI AL, yang melibatkan masyarakat, merupakan sebuah wujud dan bukti bahwa masyarakat juga harus berpartisipasi dalam menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

“Masyarakat merupakan bagian dari elemen bangsa yang harus berperan aktif untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan perlu memahami konsepsi wawasan Nusantara, dan sistem pertahanan negara secara utuh dan benar, agar tumbuh menjadi pribadi yang cinta dan bangga terhadap tanah air sendiri,” kata Wabup Ngesti saat membuka kegiatan perkemahan bela negara di Faslabuh, Sabtu (14/12/2019).

Selain mengadakan kegiatan perkemahan bela negara yang diikuti oleh 233 orang pelajar SLTA dan Mahasiswa, rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari armada ke 55 Lanal Ranai juga menggelar Sosialisasi keselamatan pelayaran, Sosialisasi Undang – undang nomor 23 tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya Nasional untuk pertahanan Nasional, Wawasan kemaritiman, PDD Khas TNI AL, Penyuluhan Narkoba dan Radikalisme pelatihan Selam dasar. 

Sementara penutupan perkemahan bela negara akan dilaksanakan pada hari Minggu, 15 Desember dengan dilaksanakannya Joy Sailing atau pelayaran bergembira para peserta belanegara dengan menggunakan KRI Teluk Celukan  Bawang 532, dari Faslabuh TNI AL Selat Lampa.

Komandan Pangkalan TNI AL Ranai, kolonel Laut (P) Tunggul di Ranai beberapa waktu lalu menyampaikan kegiatan bela negara dilaksanakan  berdasarkan Undang – undang Dasar 1945 pasal 27 ayat 3, yang berbunyi “Bahwa  tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya belanegara."

Serta pasal 30 ayat 1 dan 2 yang berbunyi “ Bahwa setiap warga negara Indonesia berhak dan wajib ikuti serta dalam usaha pertahanan dan keamanan, dan usaha pertahanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan Rakyat semesta oleh TNI dan Kepolisian sebagai komponen utama, rakyat sebagai Komponen pendukung."

“ Latihan bela negara ini merupakan perintah dari Mabesal,  ini kami target kan untuk pelajar dan mahasiswa, Salah satu kegiatannya merupakan joy sailing dengan menggunakan kapal perang,” ujar Danlanal Kol. Laut (P) Tunggul di Ranai.

Pembukaan pelatihan bela negara yang dihadiri perwakilan dari forum Koordinasi pimpinan Daerah – Forkominda, dan perwakilan Organisasi perangkat Daerah – OPD, ditandai dengan peninjauan peserta upacara dan penyematan tanda peserta oleh Wakil Bupati Natuna kepada 2 orang perwakilan peserta.(Rom)
 
Top