{[["☆","★"]]}
Wakil Bupati, Sekda, Ketua MK dan Hakim MK serta Moderator 
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Lakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia (RI) Dr. Anwar Usman, SH, MH, buka Seminar Ilmiah dengan tema "Strategi Membumikan Konstitusi di Perbatasan NKRI".

Seminar dalam rangka Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-48 ini digelar Pemerintah Daerah (Pemda ) di Ruang Rapat lantai 3 Kantor Bupati KKA, Rabu (04/12/2019).

Adapun Kunker ketua MK RI didampingi oleh Hakim MK RI Dr. Wahiduddin Adams, SH, MA. 

Diketahui ketua MK RI tiba di Anambas pada Selasa (3/12/2019) dari Bandara Raja Haji Fisabillah (Tanjungpinang) via Pesawat Xpress menuju Bandara Matak Kecamatan Palmatak dan akan kembali ke jakarta pada Rabu Siang (04/12/2019).

Terlihat hadir di kegiatan seminar ilmiah Wakil Bupati KKA Wan Zuhendra, Sekda KKA Sahtiar, Perwakilan Lanal Tarempa, Danlanudal Palmatak, Kacabjari Natuna Tarempa, Komisioner KPU KKA, Kepal Kemenag KKA, Pengurus Partai Politik, Asisten Pemerintah daerah KKA, Staf Ahli KKA, kepala OPD Lingkungan KKA dan Organisasi LSM/OKP.

" Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT KORPRI ke 48" sebut Sahtiar SH, MM Ketua Dewan Pengurus KORPRI KKA saat sambutan.

Sahtiar mengungkapkan rasa bangga bisa menghadirkan pejabat tinggi negara di KKA. 

"Seperti mimpi bisa menghadirkan ketua Mahkamah Konstitusi di Kabupaten Kepulauan Anambas, namun kami bisa", ungkapnya dengan rasa senang. 

"Mudahan dengan kehadiran Ketua MK RI Dr. Anwar Usman, SH, MH menjadi inovasi dan energi baru bagi pengawai khususnya dan kabupaten kepulauan Anambas", harap Sahtiar. 

Wakil Bupati KKA Wan Zuhendra dalam sambutannya mengatakan seminar ilmiah tersebut bisa menambahkan wawasan mengenai konstitusi. 

" Melalui seminar ilmiah ini bisa menambah pengetahuan, sebagaimana yang diamanahkan oleh Konstitusi dengan memasyarakatkan masyarakat dengan semangat konstitusi", jelasnya. 

Ketua MK RI Dr. Anwar Usman, SH, MH mengungkapkan ucapan terima kasih karena telah menyambut dirinya dengan antusias. 

" Ketika sampai di Bandara Matak (Anambas) saya langsung disambut antusias dengan adat daerah Anambas oleh pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Anambas", ucapnya saat kata sambutan.

Lanjut dia menyampaikan bahwa terkait Konstitusi masih ada beberapa daerah (perkotaan/pusat) yang belum memahami sepenuhnya sehingga perlu memberikan pemahaman/mensosialisasikan kepada seluruh rakyat Indonesia. 

"Di daerah lain (perkotaan) masih ada beberapa yang gagal paham terkait konstitusi, namun sebaliknya konstitusi menjadi pusat perhatian dari daerah perbatasan khususnya Kabupaten Kepulauan Anambas", kata Dr. Anwar Usman, SH, MH ketua MK RI saat memberikan Keynote Speaker. 

Anwar menjelaskan bahwa ketika konstitusi dikesampingkan dan diabaikan, hal itu merupakan sebagai awal dari hancurnya dan runtuhnya sebuah negara.

"Sebagai contoh negara Arab dan Eropa, maka Kontitusi bukan hanya dijaga melainkan juga harus diamalkan", jelasnya. 

Anwar menambahkan semua warga Indonesia berperan dalam menjaga wilayah perbatasan NKRI walaupun mengorbankan apapun demi menjaga kedaulatan RI. 

Indonesia merupakan negara Kepulauan yang bercirikan nusantara dan menciptakan kepastian hukum bagi rakyat Indonesia. 

"Mahkamah Konstitusi berwenang menerima semua gugatan/pengujian Perundang-undangan yang diajukan sesuai dengan aturan dan persyaratan", tutupnya sekaligus membuka secara resmi seminar ilmiah.
Wakil Bupati Wan Zuhendra Beri Kata Sambutan 

Sekda dan Ketua Korpri, Sahtiar M.M sampaikan Kata Sambutan 

Ketua MK Anwar Usman Sampaikan Materi

Wakil Bupati dan Hakim MK serta Moderator 

Pemberian Cenderamata 


(Ardian)
 
Top