{[["☆","★"]]}
Izwar Aspawi Kalungkan Tanda Peserta-
NATUNA I KEJORANEWS.COM: Sebanyak 35  orang dari organisasi masyarakat dan komunitas mengikuti workshop potensi SAR, rapat koordinasi dan Latihan SAR tahun 2019, Selasa Pagi (26/11/2019).

Kegiatan yang di gelar oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/ Basarnas) Natuna yang berlangsung selama 5 Hari di Natuna Hotel ini, secara resmi dibuka oleh Asisten Pemerintahan III Setda Natuna, Izwar Asfawi, yang mewakili Bupati Natuna.

Hadir dalam kegiatan ini, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD). 

Asisten Pemerintahan III Setda Natuna, Izwar Asfawi dalam kata sambutannya menyampaikan, bahwa keberadaan potensi SAR di Kabupaten Natuna baik sumber daya Manusia (SDM), Sarana dan Prasarananya yang terdiri dari unsur TNI-Polri, instansi, organisasi dan komunitas diharapkan tanggap (Respon Time) dalam penanganan kecelakaan, bencana maupun kondisi membahayakan manusia. 
Kepala KPP Natuna Kalungkan Tanda Peserta-


" Peran serta potensi SAR ini dapat terlihat dari keaktifan dan keikutsertaan ketika terjadi kecelakaan baik pelayaran maupun penerbangan, maupun bencana yang membahayakan kehidupan manusia yang sering terjadi di Natuna, " ucapnya. 

Ia turut menyampaikan bahwa dalam pembangunan Daerah saat ini,  Pemerintah Kabupaten Natuna sangat mendukung setiap kegiatan atau program kerja yang yang dilaksanakan oleh pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan  Natuna. 

" Oleh karenanya, saya berharap ke depan eksistensi potensi SAR Kabupaten Natuna, tetap dapat terus berperan aktif dalam meningkatkan kualitas diri sekaligus memberikan pelayanan dengan bersinergi kepada unit pelaksana teknis yang bertanggung jawab khusunya dalam pencarian dan pertolongan, " ugkapnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna Mexianus Bekabel dalam kata sambutan menyampaikan bahwa, tugas SAR adalah tugas bersama, di mana para stakeholder turut serta di dalamnya. 

 " Melalui beberapa fungsi yang kami miliki, yakni menjalin hubungan kerja sama dalam rangka koordinasi dan melaksanakan pembinaan kepada para potensi Pencarian dan Pertolongan,  kita harapkan kita semua dapat merapatkan barisan guna tugas bersama tersebut, " ujarnya. 

Menurut Mexianus Bekabel, Natuna memiliki destinasi pariwisata yang begitu banyak, sehingga untuk menghadapi peningkatan jumlah pengunjung agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan, peran SAR sangat diperlukan.

" Workshop ini, kami harap bisa menjadi stimulus bagi para stakeholder untuk lebih menyadari akan pentingnya keselamatan serta menjadi sarana mempererat tali silaturahmi kita dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas masing-masing, " ucapnya. 

Ia juga berharap para peserta workshop dapat menyerap dan mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh kepada masyarakat luas, terlebih kepada yang membutuhkan bantuan.

( Iwan Kurniawan )
 
Top