Upacara Sertijab Danposal Sabang Mawang serta Danposal Pulau Laut


Upacara Sertijab Danposal Sabang Mawang serta Danposal Pulau Laut

Upacara di Mako Lanal Ranai -
NATUNA I KEJORANEWS.COM : TNI AL Ranai menggelar Upacara terima jabatan Danposal Sabang Mawang serta Danposal Pulau Laut sekaligus upacara kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kala waktu 1 Oktober 2019, para Bintara dan Tamtama Lanal Ranai dan Kompi Komposit Marinir Setengar, di Mako Lanal Ranai pada Selasa (1/10/ 2019),siang. 

Pada kegiatan ini, Komandan Pangkalan TNI AL Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E. menjabat sebagai Inspektur Upacara, sedangkan Komandan Upacara adalah Danunit Intel Lanal Ranai Kapten Laut (E) Saripudin.

Susunan pasukan upacara terdiri dari deputasi Pamen dipimpin oleh Pejabat Sementara (PJs) Palaksa Mayor Laut (T) Faidil Sulung, satu pleton Perwira Pertama dipimpin oleh Kapten Laut (P) A. Santoso, satu pleton gabungan Bintara, tamtama, PNS Lanal Ranai dipimpin oleh Lettu Laut Didik, dan satu pleton Marinir Kompi Komposit Setengar.

Jabatan Danposal Sabang Mawang diserahkan dari Kapten Laut (P) M. Yusup kepada Letda Laut (P) A. Ropik, Jabatan Danposal Pulau Laut diserahkan dari Letda Laut (P) Suryadi kepada Letda Laut (S) Sunarto.

Sementara itu Bintara dan Tamtama Lanal Ranai dan Kompi Komposit Marinir Setengar yang melaksanakan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kala waktu 1 Oktober 2019 adalah Pelda Heru Suyanto , Koptu Rinto Suseno, Kopda Ari Irwan, Praka Mar Alan Saifudin , Praka Mar Brilian.

Dalam amanatnya Komandan Pangkalan TNI AL Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, SE menyampaikan serah terima jabatan di lingkungan TNI AL adalah merupakan hal yang wajar, serah terima jabatan dimaksudkan untuk merefresh atau memberi suasana baru bagi organisasi suatu satuan serta manifestasi dari " Tour Of Area ", sehingga tugas dan tanggung jawab dapat dilaksanakan secara optimal.

“Oleh karena itu, diharapkan dapat membawa ide-ide baru dan mampu menciptakan roda organisasi serta memberikan perubahan gairah semangat untuk terus maju pada masing-masing personel dalam rangka menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis dari waktu ke waktu,” ucap Danlanal.

Kepada para Danposal yang baru,selain memberikan ucapan selamat menjalankan tugas, Danlanal juga berpesan agar dapat melaksanakan tugas dgn penuh rasa tanggung jawab.
Komandan Lanal Ranai menyampaikan beberapa penekanan kepada Danposal baru antara lain, hindari terjadinya penyalahgunaan wewenang dan jabatan dalam melaksanakan tugas pokok dan kewenangan di daerah penugasan, dilarang melakukan kegiatan illegal di laut dan pengawalan/backing serta membantu/melindungi segala bentuk kegiatan illegal yang dapat menimbulkan permasalahan hukum.

Selanjutnya, meningkatkan sinergitas dengan sesama aparat maupun instansi terkait sebagai upaya meningkatkan soliditas dalam mendukung tugas pokok.
Menindak tegas oknum personil yang terbukti melakukan pelanggaran hukum dan disiplin seauai prosedur hukum yang berlaku. Kelima, khusus diwilayahnya yang rentan penyelundupan agar diwaspadai jangan sampai tergalang atau dimanfaatkan oleh oknum tertentu.

“Penampilan dan kinerja Pos TNI AL (Posal) merupakan faktor yang akan mewarnai persepsi dan penilaian masyarakat tentang TNI AL , karena Posal itu merupakan ujung tombak dan lini terdepan dari struktur Pangkalan TNI AL yang langsung berhubungan dengan dinamika kehidupan masyarakat di daerah,”imbuh Danlanal.

Danlanal Ranai juga menyampaikan bahwa dalam kehidupan militer, kenaikan pangkat merupakan penghargaan dan kehormatan atas prestasi, kerja keras dan dedikasi yang telah ditunjukan oleh para prajurit, dalam melaksanakan tugas pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

“Oleh karena itu, kenaikan pangkat ini wajib disyukuri dengan hati yang tulus sebagai sebuah anugerah, sekaligus disikapi sebagai sebuah tantangan yang menuntut semakin meningkatnya kedewasaan dalam berpikir, bersikap dan berbuat sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing,” tegas Komandan.

Diharapkan agar setiap prajurit yang naik pangkat dapat menjalankan kepercayaan dan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya, serta dapat meningkatkan kinerja secara optimal untuk memajukan organisasi TNI AL khususnya di Lanal Ranai dan Kompi Komposit Mainir.

Diakhir sambutan, komandan Lanal Ranai memberikan ucapan selamat kepada prajurit Lanal Ranai dan Kompi Komposit Marinir yang naik pangkat, semoga bisa menjadi pemicu semangat dalam bertugas dan menambah kesejahteraan bagi keluarganya.

Pada pagi harinya di tempat yang sama, juga telah dilaksanakan Upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, sebagai Inspektur Upacara Komandan Lanal Ranai.

Red
Lebih baru Lebih lama