Pelantikan 12 BPC KKSS akan Diisi dengan Berbagai Kesenian Sulsel


Pelantikan 12 BPC KKSS akan Diisi dengan Berbagai Kesenian Sulsel

Pengurus KKSS Batam -
BATAM I KEJORANEWS.COM : Jelang pelantikan Badan Pengurus Cabang (BPC) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Se-kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Panitia pelantikan terus melakukan persiapan menjelang acara.

Acara pelantikan 12 Pengurus KKSS tingkat kecamatan se-kota Batam rencana akan diselenggarakan pada Sabtu, 26 Oktober 2019, pukul 19:00 Wib. di Golden Prawn, kecamatan Bengkong.

M.Alimuddin.AF, Ketua panitia pelaksana pelantikan mengungkapkan, jelang pelantikan yang terhitung 4 hari lagi. Persiapan acara sudah mencapai 80% jelang hari puncak.

"Alhamdulillah persiapan kita sudah sekitar 80%," ungkapnya.

Dalam acara pelantikan tersebut, kata Alimuddin, bahwa KKSS akan mengundang beberapa Organisasi Kemasyarakatan ( Ormas )/ paguyuban yang ada di kota Batam.

"Untuk undangan, perkiraan ada sekitar 2000 undangan di antaranya, Ormas-Ormas, paguyuban-paguyuban dan Muspida yang ada di kota Batam," katanya.

Sementara itu, Daeng Asgar selaku sekretaris panitia pelaksana mengatakan, dalam pelantikan BPC KKSS Se-kota Batam, akan menampilkan berbagai kesenian budaya dari Sulawesi Selatan.

"Untuk penampilan nantinya, kita akan menampilkan berbagai seni dan budaya dari Sulawesi Selatan. Seperti, Angngaru & paduppa, Sikapur sirih, Mars KKSS serta Anging mamiri," ungkapnya.

Dengan mengangkat tema "Memperkuat serta menumbuhkan kepedulian paguyuban terhadap pembangunan daerah yang berkelanjutan. Pada idi pada elo, messeddi, paentengi siri'nu, maju dan sejahtera bersama, " tambahnya.

Daeng Asgar menjelaskan, selain akan mengundang sejumlah paguyuban lainnya yang ada di kota Batam. Dalam pelantikan tersebut, akan juga menghadirkan sejumlah pilar dari Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan.

"Kita juga akan undang berbagai pilar KKSS. Seperti, KKM Bone, Luwu Raya, KKP Pindrang, IKG (Gowa), Turatea Jeneponto, Hikmah Enrekang, KKT Toraja, Bulukumba, Selayar, Wajo,  Soppeng, dan sebagainya," ujar Daeng Asgar yang diketahui juga Ketua BPC KKSS Kecamatan Sekupang, Selasa, 22/10/19.

Tujuan menghadirkan sejumlah pilar KKSS, agar Muspida dan sejumlah Elemen masyarakat di kota Batam mengetahui, bahwa bugis bukan hanya ada Bugis Makassar ataupun Bugis Bone di kota Batam. Tapi banyak keturunan bugis lainya yang ada di kota Batam.

"Kita ingin semua memahami, bahwa keturunan Bugis lainnya yang ada di kota Batam tidak hanya satu ataupun 2, tapi banyak. Dan itulah bentuk kekayaan yang di miliki Sulawesi Selatan," jelasnya.

Daeng Asgar menambah, dengan dilantiknya kepengurusan KKSS di tingkat kecamatan se-kota Batam secara serentak. Menambah semangat warga Sulawesi Selatan di tanah rantau untuk tetap menjaga seni dan budaya yang dimiliki Sulawesi Selatan.

"Walaupun kita di tanah rantau, kita tetap menjaga kesenian budaya yang di miliki Sulawesi Selatan. Dan semoga generasi muda mengikuti hal ini," pungkasnya.

Daeng Asgar juga menyebut, bahwa pelantikan serentak ini sejarah baru yang terjadi di kota Batam. Dan menumbuhkan semangat bersama untuk memajukan KKSS di tanah rantau.

Rilis
Lebih baru Lebih lama