{[["☆","★"]]}
PLT Gubernur Kepri Isdianto Membuka Acara -
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas ( KKA)  terlihat memadati Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarempa dalam kegiatan Bakti Sosial ( Baksos) Operasi katarak dan pembagian 1000 kacamata di Tarempa, Kel. Tarempa, Kec. Siantan pada Selasa (15/10/2019). 

Baksos dengan tema "Kepri Bebas Katarak" ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dengan Rumah Sakit (RS) Pusat Mata Nasional Cicendo Bandung, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) KKA, Universitas Batam dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Kepri.
Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra Sampaikan Kata Sambutan


Berdasarkan informasi yang dihimpun media kejoranews.com rangkaian kegiatan tersebut akan diadakan Operasi katarak dan pembagian 1000 kacamata baca (plus/minus) gratis dalam rangka HUT ke 17 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). 

Di acara ini, dr. H. Moh. Syamsurizal selaku Ketua Panitia saat kegiatan pembukaan berlangsung melaporkan bahwa kegiatan digelar dalam rangka HUT Ke - 17 Kepri.

" Bakti Sosial ini merupakan Tahun Ke-2 di Kepri dan untuk pendaftaran operasi katarak sudah ada 319 orang yang mendaftar. Kita juga akan ada pembagian 1000 kaca mata baca untuk dibagikan ke masyarakat, " ujarnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas dukungan dari Plt Gubernur Kepri H. Isdianto atas kegiatan yang akan berlangsung dari 15-17 Oktober 2019. 

Sementara itu, Ketua rombongan medis RS Pusat Mata Nasional Cicendo Bandung, dr. Syunarti menjelaskan bahwa RS Cicendo Bandung merupakan RS vertikal dari Pemerintah Indonesia yang konsentrasinya terhadap penyakit mata dan latar belakang program tersebut karena melihat kebutaan mata masyarakat indonesia 70% karena katarak.

"Kebutaan masyarakat di Indonesia 70% disebabkan karena katarak", ungkapnya. 

Dia juga menginformasikan dari seluruh total calon pasien operasi katarak akan dilakukan sharing dan akan ada tolakan apabila tidak memenuhi syarat untuk operasi seperti kandungan gula darahnya lebih dari 200 dan tekanan darah lebih dari 190/75.

Berdasarkan pantauan dari media ini, masyarakat berbondong-bondong menghadiri kegiatan tersebut dan sangat antusias melakukan pendaftaran dari pagi hingga siang di RSUD Tarempa.

(Ardian).
 
Top