Perkemahan Perjusami Saka Wira Kartika Dibina TNI Kodim 0426/TB


Perkemahan Perjusami Saka Wira Kartika Dibina TNI Kodim 0426/TB

Camat, TNI dan Pramuka -
MESUJI I KEJORANEWS.COM : Sebanyak 302 orang yang terdiri dari 110 orang putra dan 192 orang putri  Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dari SMA/ SMK Sederajat di Kabupaten Mesuji mengikuti Perkemahan dan pembinaan Saka Wira Kartika dari wilayah Kodim 0426/TB, Koramil 426-01/Mesuji.

Kegiatan di lapangan Desa Simpang Mesuji, perkemahan Saka Wira Kartika Mesuji ini penanggung jawab pembinaan adalah Dandim 0426/TB diwakili dari Koramil 426-01/Mesuji Danramil Mayor A. R. Chaerul ST dan kegiatan pembukaan pembinaan Saka wira kartika Koramil 426-01/Mesuji, dilatih oleh pembina Pelda Pujo Yuhono.
Camat dan TNI Koramil 426-01/Mesuji

Pembukaan Perkemahan Perjusami Saka Wira Kartika dibuka langsung oleh Camat Simpang Pematang Muhammad Mausiruddin serta dihadiri Anggota Koramil, panitia, adek-adek dari 29 sekolahan SMA, SMK sederajat dan tamu undangan.

Pelda Pujo Yuhono Kordinator lapangan yang mewakili Komandan latihan Danramil 426-01/Mesuji dalam arahannya menyampaikan bahwa pengertian Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela Negara melalui pengetahuan serta keterampilan di bidang matra darat sebagai patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai leluhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

" Saka Wira Kartika memiliki 5 (lima) krida yang masing-masing memiliki Tingkat kemampuan yang mengacu pada pengetahuan dan keterampilan matra darat antara lain :

1. Krida Navigasi Darat (Navrat), tingkat Pengetahuan Tentang Peta dan Medan.

2.Tingkat kemampuan Jalan Kompas Siang/Malam, tingkat Reseksi dan Interseksi , tingkat Pengetahuan Global Position System (GPS).

3. Krida Pionerring.

4. Tingkat kemampuan Krida Tali Temali.

5. Tingkat kemampuan Krida Jembatan Darurat/Improvisasi, tingkat Prasarana Perkemahan.

6. Tingkat Titik Bekal Air dan Listrik.

7. Krida Mountainerring.

8. Tingkat kemampuan Panjat Tebing , Turun Tebing dan Travesing.

9. Krida Survival.

10. Tingkat kemampuan Jenis Tanaman Hutan.

11. Jenis-jenis Binatang.

12. Hutan, Gunung, dan Ralasuntai.

13. Krida Penanggulangan Bencana tingkat kemampuan Manajemen Penanggulangan Bencana ,perjalanan dan Penanganan Pertama Gawat Darurat (PPGD).

14. Pengetahuan Komunikasi Radio dan Cara Memasak dapur lapangan. " Ujar Pelda Pujo Yuhono.

Sementara itu, Camat Muhammad Mausiruddin dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (hari) tersebut  bertujuan agar para peserta pembinaan Saka Wira Kartika dapat memahami serta menumbuhkan rasa cinta tanah air yang mendalam kepada bangsa Indonesia.

' Adek-adek Saka Wira Kartika adalah penerus untuk penerus bangsa, karena adek-adeklah yang bisa membuat maju serta membangun negara tercinta Indonesia ini khususnya Kabupaten Mesuji. Jadi sekali lagi saya berpesan pada Adek-adek agar selalu dengan semangat, belajar tanpa mengeluh insya Allah kedepannya bisa diraih kesuksesan yang diharapkan yakni  sebagai penerus Bangsa Indonesia ini dan khususnya untuk Kabupaten Mesuji," harap Camat Simpang Pematang Muhammad Mausiruddin dalam kata sambutannya.

(Sagiman/Yanguji)
Lebih baru Lebih lama