Basarnas dan KKP Tanjungpinang Tinjau Arus Balik Lebaran 1440 H dan Berikut Imbauannya


Basarnas dan KKP Tanjungpinang Tinjau Arus Balik Lebaran 1440 H dan Berikut Imbauannya

Kepala KKP dan Basarnas Tanjungpinang
TJ.PINANG I KEJORANEWS.COM : Basarnas bersama Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) Tanjungpinang meninjau arus balik mudik lebaran di Pelabuhan Sri Bintan Pura. Minggu, (09/06/2019)

Pada saat peninjauan Kepala Basarnas Tanjung Pinang, Mu'min Maulana menyampaikan Basarnas dalam hal ini melaksanakan pemantauan, pendampingan, pengamanan mengantisipasi hal - hal yang tidak diinginkan, serta untuk menghindari kecelakaan di laut.

"Hari ini sangat luar biasa, kurang lebih ada 7000 penumpang, untuk itu disini juga terdapat Posko dimana kita menempatkan sekitar 10 orang personil serta dilengkapi Rescue Boat," terangnya.

Ia melanjutkan, pemantuan tersebut diantaranya adalah melihat kapasitas penumpang di setiap kapal. Dan pemantauan arus balik mudik lebaran serentak dilakukan diberbagai wilayah di Kepuluan Riau.

"Sejauh ini kecelakaan laut tidak ada. Kita menghimbau kepada penyedia jasa transportasi laut, utamakan keselamatan dan perhatikan cuaca, apabila kurang mendukung ditunda dulu keberangkatan," tutupnya.

Ditempat yang sama Kepala Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) Tanjungpinang, Kompol Zulkifli mengatakan dalam rangka Operasi Ketupat Seligi 2019, pihak kepolisian melakukan pengamanan semaksimal mungkin, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Disini kita menurunkan kurang lebih 20 personil gabungan, sampai hari ini berjalan dengan aman dan lancar dalam arus mudik maupun balik," terangnya.

Kepada pemudik lebaran 2019, Kompol Zulkiflin mengimbau agar para orang tua memperhatikan anak-anaknya jangan lepas dari pantuan, dan hindari membeli tiket dengan jasa calo.

"Kepada penyedia jasa transportasi laut diharapkan agar menyediakan transportasi yang cukup serta kapal ekstra guna mengantisipasi penumpang yang masih menumpuk. Sejauh ini tidak ada kejadian yang menganggu kelancaran arus mudik maupun balik," pungkasnya.

Berikut titik pemantauan Basarnas Tanjungpinang, pada lebaran 1440 H/2019 M :

Pelabuhan SBP, Pelabuhan ASDP Roro - Dompak, Dermaga Wisata - Pulau Penyengat, Pantai Trikora, Pantai Lagoi, Pelabuhan Telaga Punggur, Pelabuhan ASDP Punggur, Pelabuhan Sekupang - Batam, Pelabuhan Batu Ampar - Batam, Pelabuhan Jago - Dabo, Pelabuhan Tanjungbuton, Pelabuhan Sei Tenam - Lingga, Pelabuhan Domestik - TJ. Balai Karimun.






Andi Pratama
Lebih baru Lebih lama