{[["☆","★"]]}
Bupati Natuna dan FKPD -
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Menggunakan Kapal Negara (KN) SAR Sasikirana 245, Bupati Natuna dan pimpinan Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD) bersama Kepala  Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Natuna, Mexi Bekabel, melakukan pelayaran menuju Pulau Senua, atau sea trail.

Kepala Kantor  Pencarian dan Pertolongan (SAR) Natuna Mexi Bekabel di atas KN SAR Sasikirana menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan pemanasan mesin Kapal secara rutin. Hanya saja kali ini dalam kegiatannya mengajak Kepala Daerah Natuna dan para pimpinan FKPD.


KN. Sasikirana merupakan kapal Resque atau penyelamatan dilaut yang diterima oleh kantor Sar Natuna dari Basarnas pusat pada bulan Desmber lalu, kapal dengan panjang 40 meter itu memiliki bobot 300 Gross ton dengan kecepatan maksimal 40 knot atau 20 knot untuk kecepatan standar.

“Kapal ini dilengkapi fasilitas medis, radar, alat penyelaman dan alat utama lainnya yang diperlukan untuk evakuasi,” jelas Mexi.

Saat ini kapal tersebut diawaki oleh 9 ABK termasuk nahkoda, dan mampu mengevakuasi 200 orang. Selain KN, SAR Sasikirana, Kantor Sar Natuna juga memiliki 2 unit Rigid Invetable Boat (RIB) dengan kapasitas mesin masing – masing 500 pk dan 400 PK.

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal merespon positif keberadaan KN. SAR Sasikirana, dan RIB. Sarana penyelamantan atau evakuasi di laut untuk wilayah Natuna dinilai sudah sangat tepat.

“ Baguslah kapalnya, memang kita perlukan kapal – kapal seperi ini, kalau ada musibah dilaut kita memerlukan kapal penyelamatan yang representatif, dan kapal ini sudah cukup representatiflah,” kata Bupati.

Dengan adanya kapal Sasikirana dan RIB menurut Bupati sudah merupakan langkah tepat untuk mengantisipasi bila terjadi musibah dilaut. Kapal KN. SAR Sasikirana juga dilengkapi dengan alat pendeteksi  pergerakan dan setiap operasional atau kegiatan yang dilaksanakan dengan menggunakan Kapal tersebut langsung terkonektivitas ke Basarnas Pusat.(adw)
 
Top