{[["☆","★"]]}
Kadispar Natuna, Hardinansyah
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Pemerintah kabupaten Natuna melalui Dinas Pariwisata setempat kembali akan melaksanakan kegiatan festival musik Ramadhan dengan menggandeng Ormas Ikatan Keluarga Kalimantan Barat (IKKB).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna Hardinansyah saat dihubungi melalui sambungan telepon mengatakan kegiatan tersebut akan digelar pada tanggal 18 Mei mendatang yang bertepatan dengan 13 Ramadhan 1440 Hijriah.

Kegiatan Festival yang masuk dalam agenda Semarak Ramadhan 2019 akan   dilaksanakan di Pantai Kencana Ranai , untuk pendaftaran peserta telah dibuka sejak awal Ramadhan di seketariat IKKB.

“Nantinya peserta yang juara akan kita daulat untuk berkeliling membangunkan warga saat sahur,” kata Hardinansyah, di Ranai, Kamis (9/5/2019).

Selain Festival Musik Ramadhan, Diasparbud Natuna juga akan mengadakan festival Lampu culok, yang rencananya akan dilaksanakan bertepatan dengan malam takbiran Idul Fitri 1440 Hijriah. Seperti halnya dengan festival music ramadhan, Festival lampu culok ini juga akan digelar di pantai kencana Ranai.
Namun menurut Hardinansyah pihak panitia membatasi  jumlah peserta untuk festival lampu culok dikarenakan  lokasi yang terbatas luasnya.

“ Kita targetkan hanya 14 tim peserta, karena lokasi tidak luas. Nanti peserta harus membuat lampu culok menjadi aneka bentuk misalnya mesjid,” tambah Hardinansyah.

Menurut data terakhir dari  Dede Muhamada Ramli selaku panitia pelaksana yang juga merupakan ketua IKKB dan Karang taruna Kelurahan Ranai, hingga saat ini jumlah  pendaftar untuk  festival music Ramadhan, sudah mencapai 17 tim dari 20 tim yang ditargetkan. Sementara untuk Festival Lampu Culok baru akan dibuka pendaftaranya pada hari Jum’at (10 Mei 2019).

“Kita targetkan untuk Festival music Ramadhan 20 peserta, tapi kalau lebih juga tidak apa – apa, jadi kalau 20 tim kita akan laksanakan lombanya 2 malam,” ungkap Dede.

Adapun total hadiah yang diperebutkan pada kegiatan tersebut mencapai Rp.17,5 juta, dengan rincian Rp.10 juta untuk Festival Musik Ramadhan dan Rp. 7,5 juta untuk festival lite culok.  Festival Musik romadhan dan Festival lampu culok terbuka untuk umum, dengan membentuk tim. Hardinansah menambahkan semarak romadhan dimaksudkan untuk memberi warna lain dalam kegiatan mengisi ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah.

“Hadiahnya akan kita serahkan sekaligus pada akhir festival Lite culok di malam takbiran,” tutup Dede.(adw)

 
Top