{[["☆","★"]]}
Bupati Hamid Rizal saat Serahkan Zakat Mal - 
NATUNA
I KEJORANEWS.COM : Rp. 186 juta   dana Zakat maal triwulan pertama tahun 2019 telah disalurkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Natuna, kepada 390 mustahiq terdiri dari  asnab mualaf fakir miskin lanjut usia, serta asnab  fisabilillah di wilayah pulau Bunguran Besar, Kabupaten Natuna.

Ketua Baznas Natuna H. Ibrahim Yakkup pada penyerahan zakat maal mengatakan, adapun asnab fisabillillah yang menerima zakat maal kali ini adalah guru mengaji rumahan.

“Zakat yang disalurkan saat ini adalah hasil pengumpulan zakat maal sejak Januari hingga Mei 2019, ‘’ kata Ibrahim, di Ranai, Selasa (28/5/2019) siang.
Penerima Zakat Mal 


Dipilihnya para mualaf , fakir lanjut usia dan guru mengaji rumahan dikarenakan selama ini ke 3 mustahiq tersebut memang layak mendapatkan bantuan terlebih lagi seperti guru mengaji rumahan yang tidak pernah mendapatkan bantuan dari pihak manapun.

Selain itu dipilihnya bulan puasa sebagai waktu penyaluran agar uang yang diberikan dapat dipergunakan untuk keperluan puasa romadhan maupun persiapan menyambut Idul Fitri.

“Biar mereka bisa berbelanja, untuk memenuhi kebutuhan mereka dibulan puasa ataupun menyambut hari raya,” tambah Ibrahim.
Acara Penyerahan Zakat Mal 


Adapun jumlah bantuan yang diberikan kepada Mualaf dan Guru mengaji masing – masing Rp. 400 ribu dan fakir lanjut usia Rp. 1 juta.

Atuk Ibrahim yang berusia 76 tahun, warga Sebala Desa Batu gajah kecamatan Bunguran Timur, mengaku sangat bersyukur atas bantuan yag diberikan dari Baznas Natuna, sebagai seorang mualaf, kakek berusia 76 tahun ini merasa diperhatikan oleh pihak lain meskipun nilai bantuan tidak besar.

“ Alhamdulillah, dapat bantuan, bersyukur sekali,” ujar Atuk Ibrahim.

Hal senada juga disampaikan oleh Ahmad Zaini warga kelurahan Bandarsyah Kecamatan Bunguran Timur, yang mendapat bantuan sebagai guru mengaji rumahan.

“ Terima kasih kepada Baznas atas bantuannya, dengan ini kami cukup terbantukan,” kata Ahmad Zaini.

Penyaluran zakat maal tersebut merupakan kedua kalinya yang dilakukan oleh Baznas Natuna. Untuk penyerahan kali ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal di gedung Sri Serindit Ranai.

Dalam sambutannya Kepala Daerah Natuna ini mengajak masyarakat untuk secara rutin menyisihkan pendapat untuk memenuhi kewajiban membayar zakat penghasilan atau zakat maal.

Pada kesempatan itu, Hamid Rizal juga menyempatkan diri untuk membayar kewajibannya melunasi zakat maal dari tahun 2018 hingga 2019 sebesar Rp.3 juta.(adw)
 
Top