{[["☆","★"]]}
Bupati Hamid Rizal
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Pemerintah Kabupaten Natuna akan membentuk Unit Pelayanan teknis Dinas (UPTD) Pemadam kebakaran disetiap Kecamatan, terutama kecamatan terdekat dari Ibu kota Kabupaten Natuna.

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal usai upacara Hari Kesadaran nasional yang disejalankan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Pemadam kebakaran ke 100, HUT Satpol PP ke 69 dan HUT Linmas Ke 57 kepada wartawan di Bukit Arai, Senin pagi mengatakan, sudah waktunya disetiap kecamatan dibentuk UPTD Damkar mengingat urgensinya  keberadaan Organisasi perangkat Daerah (OPD)  ini.

Kepala Daerah Natuna ini mengambil contoh di Sedanau kecamatan bunguran Barat yang sudah beberapa kali mengalami kebakaran, sementara hingga saat ini diwilayah tersebut belum ada UPTD Damkar.

“Di Sedanau itu minimal harus ada dua  unit mobil Damkar ukuran kecil yang bisa mobile di sana, karena kondisinya memang sangat diperlukan,” kata Hamid Rizal.

Namun guna melengkapi ketersediaan sarana dan prasarana itu, juga harus dipertimbangkan dari sisi anggaran Pemkab yang ada. Bupati menambahkan banyak skala prioritas yang harus dipertimbangkan, namun Damkar tetap menjadi perhatian.

Selain itu, sebelum melengkapi sarana prasarana Damkar, hal utama yang akan dilakukan adalah meningkatkan kapasitas dan kemampuan dari Sumber Daya Manusia (SDM) Damkar itu sendiri.

“Disamping sarananya, SDMnya perlu dilatih terus untuk peningkatan kemampuan mereka,” tambahnya.

Tahap awal melengkapi keberadaan UPTD Damkar di Kecamtan kata Bupatyi dapat dilakukan dengan melibatkan anggota Satpol PP yanga da disetiap kecamatan untuk dilatik menjadi petugas pemadam Kebakaran.

“Jadi kita latih dulu anggota Satpol di setiap kecamatan untuk Damkar, nanti perlahan – lahan kita buat UPTDnya,” tandas Bupati.

IK
 
Top