Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A 2017 / 2018 SPN Polda Kepri


Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A 2017 / 2018 SPN Polda Kepri

TANJUNG BATU I KEJORANEWS.COM : Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Sam Budigusdian, MH membuka Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A 2017 / 2018 yang dilaksanakan SPN Polda Kepri, Tanjung Batu pada hari Rabu tanggal 9 Agustus 2017 pukul 09.00 Wib. 

 
Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau yang mewakili, Unsur FKPD Provinsi Kepulauan Riau, Wakapolda Kepri, Para pejabat utama dan Kapolres/TA jajaran Polda Kepri, Kepala SPN beserta pendidik maupun tenaga kependidikan di lingkungan SPN Polda Kepri, Unsur FKPD Kabupaten Karimun, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Adat Tanjung Batu Kabupaten Karimun, Para Perwira, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil Polri, Serta para tamu undangan.

Kapolda yang menjadi Inspektur upacara dalam kegiatan tersebut membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A.,Ph.D.

Berikut amanat Kaplori yang dibacakan Kapolda Kepri:

" Lembaga pendidikan Polri ini adalah tempat saudara dididik, ditempa, dan dilatih guna menjadi insan Tribrata yang Profesional, Modern, dan Terpercaya. Untuk itu, maknai anugerah dan karunia Tuhan yang maha kuasa ini, dengan penuh rasa syukur, disertai niat kesungguhan dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah ditetapkan oleh lembaga. Harus kita pahami, bahwa perkembangan tantangan tugas Polri ke depan akan semakin berat. Era globalisasi yang terjadi dengan cepat, telah memunculkan berbagai dinamika kejahatan berdimensi baru, yang diiringi dengan potensi terjadinya gangguan kamtibmas pada berbagai bidang kehidupan masyarakat. Realitas tantangan tugas ke depan, harus mampu diatasi oleh Institusi Polri, agar stabilitas keamanan dalam negeri dapat tetap terjaga. Untuk itu, Polri harus didukung oleh sumber daya manusia Polri yang Profesional, Berintegritas, dan mampu menguasai bidang tugasnya. Salah satu upaya Polri, guna mewujudkan SDM Polri yang berkualitas adalah melalui penyelenggaraan Diktuk Bintara Polri yang saudara-saudara laksanakan saat ini. Selama kurang lebih 7 (tujuh) bulan ke depan, saudara akan mengikuti pendidikan yang dilaksanakan di Sepolwan Lemdiklat Polri, Pusdik Binmas, Pusdik Sabhara, serta pada 29 SPN jajaran Polda. Khususnya pada tahun 2017 ini, Polri menerima 10.150 peserta didik, terdiri atas 9.650 orang pria dan 500 orang wanita. Dari jumlah tersebut, Polri akan mempersiapkan penguatan personel sebanyak 200 orang dengan latar belakang keahlian IT, yang akan dididik khusus di SPN Cisarua Polda Jawa Barat."


" Program pendidikan yang diselenggarakan dapat menjadi media yang optimal dalam mentransfer pengetahuan dasar Kepolisian, wawasan keilmuan, maupun pembinaan keterampilan khas Polri kepada seluruh peserta didik, agar output yang dihasilkan benar-benar memenuhi standar kualitas yang diharapkan. Begitu pula halnya dengan seluruh peserta didik, saya mengingatkan agar saudara dapat dengan sungguh-sungguh dan penuh keseriusan dalam mengikuti seluruh program pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada kalian. Berbagai pengetahuan, keterampilan, serta penguasaan tehnis dan taktis profesi Kepolisian yang akan diberikan nantinya, akan sangat berguna bagi pelaksanaan tugas saudara di medan pengabdian yang sesungguhnya."

" Beberapa penekanan kepada para peserta didik untuk dipedomani dan dilaksanakan sebagai berikut :
-Syukuri atas segala karunia Tuhan YME, kepada kalian semua, saudara telah terpilih untuk mengikuti pendidikan pembentukan Polri, dari sekian banyak calon yang ada.
-Persiapkan fisik dan mental saudara dalam mengikuti pendidikan ini, tanamkan semangat dan tekad yang kuat agar saudara dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang ada, serta dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik dan lancar.
-Memanfaatkan waktu yang singkat ini dengan sebaik-baiknya untuk menimba ilmu pengetahuan dan keterampilan khas Polri serta memperluas dan menambah wawasan tentang Kepolisian.
-Bangun sikap dan jiwa Korps antar sesama peserta didik agar terbangun soliditas Polri yang baik.
-Bangun rasa kebersamaan dan soliditas, serta ciptakan komunikasi yang efektif dengan para pengasuh, instruktur, maupun pelatih.
-Tumbuhkan kesadaran bahwa menjadi anggota Polri bukanlah tempat untuk sekedar memperoleh pekerjaan, melainkan sebagai ladang pengabdian kepada Masyarakat, Bangsa, dan Negara."

" Saya menghimbau kepada para Kapolda untuk selalu memberi dukungan dan berperan secara aktif dalam mensukseskan Program Pendidikan Pembentukan Bintara Polri ini, karena hasil dari proses pendidikan penbentukan ini akan berpengaruh terhadap keberhasilan tugas Polri ke depan nantinya. Kepada Kasepolwan, Kapusdik Sabhara, Kapusdik Binmas, dan para Ka SPN Polda beserta tenaga pendidik, saya titipkan para siswa calon Bintara Polri ini untuk dilatih, dibimbing, dan dididik serta dibina sebaik-baiknya," ujar

" Bangun budaya pembelajaran yang positif dengan menampilkan keteladanan, sehingga akan terbentuk kultur, sikap, dan perilaku peserta didik yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Tanamkan budaya saling asah, asih, dan asuh selama proses pembelajaran, sehingga mereka dapat menjadi insan Bhayangkara yang memiliki jiwa integritas yang tinggi. Saya meyakini, berbekal dengan tekad dan kemauan yang kuat serta motivasi yang tinggi, saudara dapat melaksanakan tugas mulia ini dengan profesional dan penuh tanggung jawab. Akhirnya, saya mengucapkan Selamat Menempuh Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A. 2017/2018, dengan harapan semoga para siswa sekalian dapat menyelesaikan seluruh program pendidikan ini dengan baik dan lancar serta dapat mengimplementasikannya dalam pelaksanaan tugas sebagai anggota Polri nantinya."

Ditambahkan oleh Kabid Humas Polda Kepri dari hasil sidang terbuka penetapan kelulusan akhir Bintara Polri tugas umum yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 5 Agustus 2017 terdapat 239 Calon Siswa yang terpilih sampai dengan tahap akhir, kemudian yang dinyatakan terpilih mengikuti pendidikan Bintara Polri di SPN Polda Kepri, Tanjung Batu sebanyak 227 Siswa Bintara Polri. Pada Tahun Anggaran 2017/2018 Jumlah Pendaftaran Bintara Polri tugas umum di panda Polda Kepri yang berhasil di veritifikasi sejumlah 1.199 orang.

Humas Polda Kepri

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama