{[["☆","★"]]}
Karnain Baju Merah Putih
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Seorang  nelayan, warga Kecamatan Midai, Kabupaten Natuna, yang dinyatakan hilang saat melaut di lepas pantai Midai, sejak Sabtu (02/03/2019) akhirnya berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan Posal Midai.

Berdasarkan rilis pers dari Lanal Ranai,Minggu(3/3/2019) sekitar pukul 14.40 WIB Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, SE,  menerima laporan dari nelayan Midai  Romiyati, (30 tahun) tentang adanya kapal nelayan setempat yang pergi melaut, dan belum kembali. 

Adapun nama nelayan tersebut adalah . Karnain (50 tahun), yang beralamat di Desa Tanjung Selamat Kelurahan Sabang Barat Kecamatan Midai.  Sementara diperkirakan yang bersangkutan melakukan pencarian ikan di wilayah yang biasa menjadi lokasi mencari ikan, yakni kurang lebih 20 Nautical Mill dari Midai.

Setelah mendapat laporan tersebut, Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, SE langsung memerintahkan Pejabat Sementara (PJs) , Danposal Midai Serma SAA Tri Sujatmiko untuk melaksanakan SAR dan berkoorsinasi dengan Organisasi Nelayan Midai serta memberikan info kepada nelayan yang akan berangkat melaut dan menanyakan kepada nelayan yang baru pulang melaut.

Pukul 15.15 WIB Pjs, Danposal beserta tiga personil Posal Midai dan masyarakat nelayan melaksanakan SAR di perairan Midai di sekitar wilayah  Karnaim biasa mencari ikan. Adapun unsur yang terlibat SAR yaitu 1 Sea Rider 02 TNI AL Midai dan 2 perahu nelayan Midai.

Setelah malakukan pencarian, akhirnya  Karnain berhasil ditemukan pada kordinat 03 01 7 U - 107 55 667 T. Perahu  Karnain di gandeng oleh KM. Anugerah sementara Karnain dibawa menggunakan Sea Rider 02 Pos TNI AL Midai. Pukul 17.30 WIB, tiba di Pelabuhan Rakyat Midai dan disambut oleh pihak keluarga.

Pada kesempatan itu pula komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, SE menyampaikan, Sdr. Karnain yang sebelumnya dinyatakan hilang oleh pihak keluarga, akhirnya dapat ditemukan dalam keadaan selamat oleh Tim SAR gabungan antara Pos TNI AL Midai dan Organisasi Masyarakat Nelayan Midai. 

“ Kita patut bersyukur bahwa saudara Karnain dapat kita temukan dalam keadaan selamat dan sehat,” ujar Danlanal.

Lebih lanjut komandan Lanal Ranai mengimbau kepada masyarakat nelayan yang mencari ikan di lautan lepas, untuk menjaga keselamatan dengan perlengkapan keselamatan yang layak seperti alat komunikasi.

Disampaikannya bahwa keselamatan penumpang dan awak kapal merupakan prioritas utama dalam berlayar di laut. Diperlukan skill, pengetahuan serta alat keselamatan yang layak dan alat komunikasi harus ada di atas kapal.

" Sebelum melaut agar mempersiapkan segala sesuatunya, Nelayan sangatlah rentan mengalami kecelakaan di laut, Apalagi jika cuaca buruk dilaut, gelombang tinggi serta angin kencang akan memperbesar resiko nelayan mengalami Laka laut. Namun, dengan mengerti tentang keselamatan dalam berlayar secara benar maka kecelakaan laut dapat diminimalisir. " Paparnya.

IK
 
Top