{[["☆","★"]]}
Tower yang Rusak di Desa Posek
LINGGA I KEJORANEWS.COM : Belum adanya perbaikan dari pihak Telkomsel atas kerusakan tower pemancar signal komunikasi di Desa Posek , Kecamatan Posek Kabupaten Lingga, kini mulai dipertanyakan masyarakat. Pasalnya kerusakan tower yang sudah berjalan selama 4 bulan tersebut dirasakan masyarakat telah mengakibatkan terputusnya akses komunikasi mereka kepada pihak luar.

" Sudah hampir 4 bulan ini tower Telkomsel di wilayah desa Posek rusak. Tidak berfungsinya signal telkomsel ini terasa sekali putusnya komunikasi dan informasi di lingkungan masyarakat desa Posek dan kecamatan Posek. Tidak adanya akses komunikasi ini membuat kami seakan kembali terisolasi, " ujar Masmin Kepala Desa (Kades) Posek. Rabu (13/2/2019).
Masmin Kades Posek

Masmin menjelaskan, meskipun di desanya itu ada tower indosat, warga desa yang berjumlah lebih kurang 1500 jiwa sebagian besarnya yakni 90 % nya menggunakan Telkomsel.

" Kecamatan Posek membawahi 3 desa yakni, Desa Posek, Desa Suak Buaya  dan Busung Panjang. Kerusakkan alat ini menghambat komunikasi desa dan kecamatan Posek.Kita berharap sekali agar alat yang rusak ini bisa di fungsikan kembali." harap Masmin.

Hal senada juga diungkapkan oleh Azriansyah selaku Bintara Pembina Desa (Babinsa) Posek.

Azriansyah mengatakan bahwa kerusakkan dari fungsi komunikasi tower telkomsel itu benar -benar membawa dampak terhadap desa posek dan kecamatan posek untuk saling berhubungan dan juga berhubungan ke daerah luar.

"  Komunikasi keluar ini sangat penting di era digitalisasi saat ini,terutama pada akses informasi. apalagi jikalau ada infomasi yang bersifat darurat, seperti baru - baru ini terjadinya kebakaran pada salah satu rumah warga.Dengan putusnya komunikasi ini membuat masyarakat tidak bisa cepat mengetahui informasi musibah. Ini baru salah satu musibah. Nah jikalau ada musibah darurat yang lainnya seperti pada dunia pendidikan dan informasi pemerintahan bagaimana, "  ungkap Azri, panggilan di masyarakat.

Dijelaskan Azri, bahwa dirinya telah menanyakan penyebab dari tidak berfungsinya  tower telkomsel ini kepada pihak providernya.

" Dari keterangan petugas kerusakan karena adanya alat utama yang di sebut RRU ( remote radio unite ) atau alat penguat kumunikasi yang rusak. Namun sudah hampir 4 bulan ini alat tersebut belum juga di perbaiki. Kami masyarakat selalu bertanya kapan tower telkomsel itu bisa berfungsi seperti sediakala. Kami selaku pengayom masyarakat juga tidak bisa jawab kalau masyarakat bertanya. Untuk kami sangat berharap pihak provider Telkomsel dapat segera memperbaikinya agar akses komunikasi masyarakat tidak terputus, "  terang Azri.

Mardian
 
Top