{[["☆","★"]]}
Pelantikan dan Pembacaan Sumpah Anggota PPK di Gedung Kemenag Batam
BATAMIKEJORANEWS.COM : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam menetapkan 24 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tambahan pada Pemilu 2019. Dari 12 kecamatan, ditandai dengan pelantikan dan pembacaan sumpah janji. Rabu, (02/01/2019)

Komisioner KPU Kota Batam, Zaki Setiawan mengatakan, penambahan PPK ini dalam rangka menindak lanjuti putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XVI/2018 tanggal 23 Juli 2018. Dalam putusan MK menyebutkan bahwa jumlah anggota PPK pada Pemilu 2019, sebanyak 5 orang/Kecamatan.

"Sehingga KPU Kabupaten/Kota harus menambah dua PPK lagi, karena pada perekrutan sebelumnya, hanya tiga PPK yang direkrut per kecamatan. Dengan adanya penambahan ini, maka jumlah anggota PPK di Kota Batam dari sebelumnya 36 orang menjadi 60 orang, " terangnya.

Pada pelantikan tersebut, dihadiri oleh Ketua dan anggota Bawaslu Batam, Kepala Kementerian Agama Kota Batam, serta Camat sekota Batam, di aula kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batam, Sekupang - Batam.

Berikut Nama-nama Ke-24 PPK tambahan tersebut :

Zulkifli dan Zainul Sofian Nasution (Batam Kota), Ricky Ardiansyah dan Syarifuddin (Lubukbaja), Nur Fatayati dan Awal Sibarani (Batuampar), Dedy Wahyudi Hasibuan dan Chairunisa Arfah Darlis (Bengkong), Wiradi Putra dan Agus Salam Nuryahya (Nongsa), serta Suparwi dan Alfian (Seibeduk).

Muliadi dan Yusrizal (Galang), Muchadir dan Suryadi (Bulang), Dendi Sutarto dan Muhammad Dinariansyah (Sagulung), Ahmad Fauzi Hasibuan dan Suhajar (Batuaji), Susi Muslian dan Moh Radinal Mahfur (Sekupang), serta Muhammad Arifin dan M. Wahyu (Belakangpadang).


Lanjut, Zaki mengatakan, mereka direkrut dan diseleksi pada periode November dan Desember 2018 lalu. Rekrutmen dua anggota PPK tambahan dilakukan melalui verifikasi terhadap calon anggota PPK peringkat berikutnya hasil seleksi sebelumnya dan koordinasi dengan lembaga pendidikan.

"Kami berharap penambahan dua anggota PPK ini dapat meningkatkan kinerja, soliditas, dan memperkuat kelembagaan internal PPK. Sehingga makin siap melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajibannya serta mampu memfasilitasi pelaksanaan pemilu yang akuntabel, berintregritas, jujur, dan adil pada Pemilu 2019," pungkasnya.

Diantara tugas PPK adalah melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pemilu di tingkat kecamatan, melakukan dan mengumumkan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu berdasarkan berita acara hasil penghitungan suara di TPS.

Melakukan evaluasi dan membuat laporan setiap tahapan Penyelenggaraan Pemilu di wilayah kerjanya, serta melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan pemilu dan/atau yang berkaitan dengan tugas dan wewenang PPK kepada masyarakat. Sedangkan kewajiban PPK antara lain membantu KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota.

Dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, membantu KPU Kabupaten/Kota dalam menyelenggarakan Pemilu, dan menindak lanjuti dengan segera temuan dan laporan yang disampaikan oleh Panwaslu Kecamatan.

Verifikasi tersebut, untuk memastikan bahwa calon anggota PPK tidak terdaftar sebagai anggota dan pengurus partai politik minimal dalam lima tahun terakhir, tidak terdaftar sebagai tim kampanye peserta Pemilu, dan memenuhi syarat sebagai calon anggota PPK.

Berikut nama-nama anggota PPK di masing-masing Kecamatan di Kota Batam :

Batam Kota : Irwansyah Parulian R. (Ketua), Raja Murdiyansyah, Sufarmin, Zulkifli, Zainul Sofian Nasution.
Lubuk Baja : Muklisin (Ketua), Yulianto, Nina Junita Sari, Ricky Ardiansyah, Syarifuddin.
Batu Ampar : Andreas Ara Songa (Ketua), (Hasri Antoni, Agung Teguh Hidayat, Nur Fatayati, Awal Sibarani.
Bengkong : Agusdianto (Ketua), Andi Ismail, Putri Meileni Candra Dewi, Dedy W. Hasibuan, Chairunisa Arfah Darlis.
Nongsa : Beni Eka Putra (Ketua), Juhari Octavian, Rini Husna Putri, Wiradi Putra, Agus Salam Nuryahya.
Sei Beduk : Supardi (Ketua), Rumissar Haro Rajagukguk, M. Andi Usman Maulana, Suparwi, Alfian.
Galang, Suyatno (Ketua), Ruslan, Putra Hardiansyah, Muliadi, Yusrizal.
Bulang : Muchsin (Ketua), Amir, Abdul Rahman, Muchadir, Suryadi.
Sagulung : Herman Sawiran (Ketua), Indahana, Gong Matua Raja, Dendi Sutarto, Muhammad Dinariansyah.
Batuaji : Yusnan (Ketua), Bernat Hutabarat, Magneta Hisyam, Ahmad Fauzi Hasibuan, Suhajar.
Sekupang : Kusno (Ketua), Muhammad Solihin, Rori Junaidi, Susi Muslian, Moh Radinal Mahfur.
Belakangpadang : Faizal (Ketua), Muhammad Hanafi, Azlina,Muhammad Arifin, M. Wahyu. (*)






(atm)
 
Top