{[["☆","★"]]}
Said Noviansyah, Kepala Imigrasi 
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Berdasarkan evaluasi Kantor Imigrasi klas II Tanjungpinang Ranai, pada tahun 2018, terjadi peningkatan pengajuan pembuatan paspor.

Kepala Kantor Imigrasi Klas II Tanjungpinang Ranai, Said Noviansyah, usai pelaksanaan doa bersama dalam rangka memperingati Hari Bakti Imigrasi ke-69 di Ranai, Sabtu (26/1/2019) malam mengungkapkan, peningkatan pembuatan paspor terjadi pada bulan Desember 2018.

“ Peningkatannya sebanyak 20%, dibandingkan sebelumnya. Jadi pada tahun 2018 setiap bulan pengurusan paspor mencapai 80 pengajuan. Ini cukup tinggi untuk wilayah seperti Natuna, “kata Said Noviansyah.

Menurut data, kebanyakan pengajuan pasport adalah selain untuk urusan Umroh dan Haji juga untuk keperluan berobat keluar negeri.

Selain itu, guna mengoptimalkan pelayanan pembuatan pasport bagi masyarakat Natuna yang tinggal dipulau yang letaknya jauh dari ibu kota Kabupaten, pihak Imigrasi melakukan sistem jemput bola ke kecamatan – kecamatan.

“ Jadi pengajuan masyarakat yang dikecamatan kita kerjasama dengan pihak Kecamaran data dikumpul nanti kita datang untuk rekam foto, lalu kita bawa ke kantor imigrasi data dan foto untuk diproses. Kalau sudah jadi kita kirimkan melalui pemerintah Kecamatan,” jelas Noviansyah.

Dalam hal ini untuk turun kesetiap Kecamatan, pihak Imigrasi bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Natuna, dengan turut dalam kegiatan Pemkab Natuna saat melakukan kunjungan kerja ke kecamatan yang jauh dari Ibukota Kabupaten Natuna.

“Dukungan dari Pemkab Natuna cukup luar biasa. Dengan banntuan Pemkab, kami dapat turun ke lapangan, jemput bola, “ tambah Noviansyah.

Selain itu, ketersediaan jaringan internet untuk layanan pembuatan pasport juga sangat disupport oleh Telkom. 

“ Telkom cukup dapat diandalkan. Proses pembuatan pasport online dapat berjalan dengan baik,” tandas Said Noviansyah. 

Adw
 
Top