{[["☆","★"]]}
Festival Lampu Cangkok di Bintan
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Melihat kemeriahan festival gapura  dan tanglong (lampu hias) di Kabupaten Bintan beberapa waktu lalu, membuat masyarakat Tarempa Anambas teringat dan merindukan tradisi itu dilakukan juga di Tarempa. Menurut warga tradisi gapura dan tanglong itu pernah dilakukan di Tarempa.

" Sudah tiga Tahun ini Terempak belum ada terdengar adanya Festival Gapura dan lampu hias seperti  festival lampu Cangkok yang di adakan di kabupaten Bintan ini, beberapa hari lalu, " ujar Awal seorang warga Tarempa, Sabtu (9/6/2018).
Tanglong


Menurut Awal, biasanya sebelum menjelang lebaran idul fitri, ada festival gapura dan pawai tanglong keliling pada malam Tujuh Leko. Dan hal itu sudah menjadi tradisi sejak ia masih anak-anak hingga remaja.

" Waktu kami kecil, saya selalu melihat pakcik, abang-abang kami mengadakan tradisi malam tujuh leko dan pawai tanglong keliling terempak." tambahnya.

Awal berharap, Dinas Pariwisata Pemerintah Daerah ( Pemda) Anambas dapat menggelar tradisi tersebut. 

"Harapan saya dan kawan-kawan ingin sekali rasanya mengadakan tradisi yang pernah dilakukan oleh generasi tahun 60 han ini. Kita sangat ingin tahu desa mana yang meriah dengan gapura dan lampu hiasnya.  Mudah-mudahan di tahun ini bisa diadakan Malam Tujuh Leko dan pawai tanglong keliling Terempak oleh Dinas Pariwisata, " ucapnya.

Lionardo
 
Top