{[["☆","★"]]}
Kadispotmar dan jajaran serta warga Photo Bersama di lokasi kegiatan
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Dalam rangka mewujudkan pembangunan kemaritiman, Markas Besar TNI AL, melaksanakan program pembinaan desa pesisir di seluruh wilayah Indonesia, yang diprioritaskan bagi pulau terluar. Salah satu diantaranya adalah Kecamatan Pulau Laut, Natuna.

Kadispotmar tinjau pembuatan tempat Whudu di Masjid P. Laut


Dengan menggunakan KRI Bung Tomo, Kepala Dinas Potensi Kemaritiman (Kadispotmar) Brigjen Laut (P) Bambang Sutrisno, meninjau langsung kegiatan TNI Angkatan Laut di Kecamatan Pulau Laut. 

Kepada wartawan saat memantau hari puncak kegiatan Pembinaan Desa Pesisir (Bindesir) di kecamatan Pulau Laut Kabupaten Natuna, Kadispotmar Brigjen Laut (P) Bambang Sutrisno, menyampaikan  bahwa program tersebut dilaksanakan sesuai dengan nawacita Presiden Joko Widodo, yakni membangun dari wilayah terluar.

Ditambahkannya, untuk di Provinsi Kepri sendiri kegiatan Bindesir ini telah dilaksanakan di 3 daerah, yakni di Batam, Tanjung Balai Karimun dan Kabupaten Natuna.

"Ini sudah merupakan program tahunan TNI AL, sesuai dengan instruksi Presiden , TNI AL melakukan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat pesisir, guna peningkatan pertahanan wilayah laut," kata Kadispotmar, Brigjen Laut (P) Bambang Sutrisno,Sabtu  (12/5/2018).

Di Pulau Laut, Natuna ini kegiatan kegiatan fisik dan non fisik telah berjalan lebih kurang dua Minggu. Untuk kegiatan fisik antara lain perbaikan gedung pertemuan Desa Air Payang, pembuatan toilet MTs Attaqwa, pembuatan tempat wudhu dan keramik teras mesjid Al Kadur. Selanjutnya perbaikan toilet, pemasangan eternit, keramik dan pengecatan TK Pada Mu Negeri. Sedangkan kegiatan non fisik adalah pengobatan gratis, sunatan masal serta silaturahmi dengan tokoh masyarakat dan warga setempat.

"Kita juga mengunjungi masyarakat pesisir, berkumpul di masjid, silaturahmi dan sharing, beribadah bersama,menjalin keakraban," tambah Kadispotmar.

Turut serta mendampingi Kadispotmar, Wakil Komandan Lantamal 4, Kolonel Laut (P) Imam Teguh Santoso, Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Harry Setyawa , Komandan KRI Bung Tomo ,Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo,  serta sejumlah pejabat dari Dinas Potensi Kemaritiman Mabes TNI  AL. 

Dalam pelaksanaan kegiatan, TNI AL melibatkan lebih kurang 1 pleton personil dan sekitar 20 orang tim kesehatan dari Lanal Ranai dan Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Dinas Kesehatan Kecamatan Pulau Laut. 

Sedianya kegiatan Bindesir di Kecamatan Pulau Laut berlangsung hinga 2 bulan, namun karena mengingat sudah dekatnya waktu Puasa Ramadhan, maka kegiatan hanya terselenggara lebih kurang 2 Minggu.  Meski demikian pelaksanaan di lapangan berjalan lancar dan terlaksana sesuai rencana.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat setempat dapat terbantukan dengan pembangunan fisik dan dapat meningkatkan perekonomian serta sumber daya manusia setempat. 

Adw
 
Top