{[["☆","★"]]}
Limbah Kayu Diolah Menjadi Meja Kursi
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM :Hutan di Kabupaten Kepulauan Anambas memang tergolong minim, yakni hanya 1.89% dari luas daratan. Namun keberadaan kayu-kayu hutan (limbah kayu) yang tidak terpakai di sekitar hutan dapat dimanfaatkan untuk menambah pendapatan masyarakat. Hal itu disampaikan Agus Suparatman seorang pemuda Anambas yang memanfaatkan limbah kayu hutan menjadi mebel.

"Ekonomi kreatif berbasis non teknologi 
 seperti sisa-sisa potongan  kayu yang dibentuk menjadi kerajinan meja, kursi memiliki nilai jual yang tinggi serta sangat mudah sekali dikerjakan oleh masyarakat, khususnya petani , " ujar Agus.

Agus membuktikan hal itu dengan membuat meja, kursi yang unik dari potongan kayu dan tunggul pohon mati. Limbah kayu yang ia olah itu, dirinya dapatkan dari mendaki gunung dan sekitaran hutan.

" Saya mencarinya dengan naik gunung dan mengolah sendiri potongan Kayu sehingga bisa menjadi bahan yang sangat produktif, Empat unit kursi beserta satu meja inj membutukan waktu pengerjaan selama 15 jam, " terang Agus.

Menurut Agus dalam mengolah limbah kayu itu, ia hanya menggunakan peralatan mesin senso dan mesin amplas, yang biaa dikatakan sangat sederhana dan mudah didapat.

Untuk itu, Agus menghimbau generasi muda dapat memanfaatkan waktu dengan baik serta memperhatikan peluang ekonomi yang masih berlimpah ruah di bumi Kabupaten kepulauan Anambas.

Lionardo
 
Top