{[["☆","★"]]}
Kopda Aspan Mawardi Hasibuan
BINTAN I KEJORANEWS.COM : Upaya Kopda Aspan Mawardi Hasibuan patut untuk mendapat acungan jempol, pasalnya Anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Distrik Militer 0315/ Bintan- Komando Rayon Militer 03/ Binut ini tidak hanya bisa berteori, namun ia juga berhasil mempratekkan tentang bagaimana membudidayakan Pepaya California dalam rangka program ketahanan pangan.

Melalui media ini, Kopral Dua Aspan Mawardi Hasibuan yang telah berhasil memanen Pepaya California dari hasil budidayanya, membagi ilmu pengetahuannya tentang bagaimana membudidayakan Pepaya California dari awal proses pembibitan hingga proses pemerliharaan, dan hasil akhirnya.

Berikut proses pembibitan hingga proses pemerliharaan, dan hasil yang ia tulis dalam sebuah makalah yang berjudul " Ketahanan pangan, Budidaya Pepaya California :


KETAHANAN PANGAN,BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA

Sistem pertahanan semesta merupakan strategi pertahanan negara Indonesia yang didukung oleh komponen utama, cadangan dan pendukung.  Komponen utama yang diperankan oleh TNI khususnya gelar komando wilayah (satuan Kowil) menyelenggarakan pemberdayaan wilayah angkatan darat bertugas “ melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat”, yang direalisasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial.  Oleh karena itulah dalam rangka menghadapi era globalisasi yang akan datang, semakin kompleksnya permasalahan yang perlu mendapat perhatian dan upaya untuk mengantisipasi tantangan tersebut, TNI AD melaksanakan pembinaan untuk meningkatkan prajuritnya khususnya prajurit yang bertugas di jajaran satuan Kowil;

Dalam rangka tercapainya sasaran kegiatan lebih optimal, efektif dan efisien, maka diperlukan  Peran Babinsa untuk tercapainya Ketahanan pangan dalam rangka menghadapi era globalisasi yang akan datang, semakin kompleksnya permasalahan yang perlu mendapat perhatian dan upaya untuk mengantisipasi tantangan tersebut.  


Berangkat dari asumsi pemikiran itulah, Babinsa bertekad bulat untuk mendukung tercapainya ketahan pangan  nasional, dengan melalui perwujutan tindakan nyata di lapangan dengan pengalaman yang kami peroleh seperti membudidayakan Pepaya California, 

Beberapa  contoh  dan pengalaman yang telah kami lakukan dengan membudidayakan papaya California akan kami coba uraikan di bawah ini ;

Langkah-langkah Menanam Pepaya California :

Kondisi Iklim

Untuk membudiayakan pepaya California sangat penting memperhatikan iklim daerah yang akan dijadikan lahan tanam. Iklim yang baik sangat penting untuk menunjang pertumbuhan pepaya California. Memaksimalkan pertumbuhan buah ini sangat penting
karena pepaya ini memiliki usia yang lebih pendek dibandingkan dengan pepaya jenis lain yakni maksimal cuma 4 tahun.

Kondisi Lahan Tanam

Lahan yang baik untuk menanam pepaya adalah lahan terbuka yang mempunyai sistem pengairan yang bagus. Lahan yang akan ditanami sebaiknya diolah supaya lebih gembur, selain itu juga harus bersih dari gulma dan rumput liar. Setelah lahan bersih buat bedengan yang disesuaikan dengan lahan yang tersedia. Setelah itu buatlah lubang tanam dengan ukuran 60x60x50 cm. Sedangkan untuk jarak tanam disarankan 2,5 x 2,5 m. Lubang tanam harus sudah disiapkan sekitar 15 hari sebelum masa tanam.

Pembibitan Pepaya California

Kamu bisa mendapatkan bibit pepaya California di petani lain yang membudidayakan tanaman ini atau bisa juga dengan membibitkan sendiri. Tenang saja, untuk membuat bibit tanaman ini cukup mudah kok. Kamu hanya perlu menyediakan benih pepaya untuk disemaikan. Bila kamu ingin melakukan pembibitan secara manual, bisa mengambil biji dari buah pepaya yang sengaja dibiarkan matang di pohon. Biasanya biji akan dikeringkan dengan cara dijemur setelah itu baru direndam di dalam air. Bila ada yang mengapung maka harus dibuang karena biji tersebut tidak layak tanam. Lalu biji diperam di dalam koran yang telah dibuat lembab lalu simpan di tempat yang teduh sampai tumbuh tunas. Ketika sudah mulai tumbuh tunas, pindahkan ke dalam polybag yang telah diberi media tanam dari tanah dan pupuk kandang.

Proses Menanam Pepaya California

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menanam pepaya diantaranya adalah lahan tanam harus dilakukan pengairan sehari sebelum ditanami. Pindahkan bibit pepaya berserta dengan polybagnya ke lubang tanam. Usahakan pada proses pemindahan agar tanah pada polybag tetap utuh dan tidak boleh hancur, sehingga bibit tidak layu bahkan mati. Selanjutnya tutup lubang tanam dengan menggunakan pupuk kompos/kandang. Bibit yang dipindahkan ke lahan tanam setidaknya berumur 5 bulan dan proses penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari.

Pemeliharaan dan Perawatan

Pemeliharaan sangat penting dalam proses budidaya tanaman ini. Untuk masa awal tanam biasanya dilakukan penyulaman, yakni mengganti bibit tanaman yang layu atau mati dengan bibit baru yang lebih sehat. Oleh sebab itu kamu perlu memiliki bibit cadangan untuk sulam. Untuk perawatan rutin yang wajib dilakukan adalah penyiraman dan pemupukan.

Penyiraman biasanya dilakukan dengan mengalirkan air pada saluran irigasi yang telah dibuat. Jangan menyiram langsung pada tanaman karena akan menyebabkan kebusukan pada batang tanaman.. Selanjutnya adalah pemupukan untuk menambah kandungan unsur hara di dalam tanah.

Pupuk yang bisa dipakai dalam budidaya pepaya California adalah pupuk kompos atau pupuk kandang. Seminggu setelah masa tanam sebaiknya ditambahkan pupuk NPK dengan dosis 200 gram setiap pohon. Ketika pepaya sudah memasuki usia 3 bulan berikan pupuk NPK 300 gram /pohon. Usia 6, 9 dan 12 bulan dengan pupuk NPK 500 gram ditambah pupuk kandang 40 kg / pohon. Ketika tanaman pepaya sudah mulai berbuah bisa ditambahkan pupuk KCI supaya tanaman memiliki daya tahan yang kuat selain itu pemberian pupuk ini akan membuat rasa buah semakin manis.

Hama dan Penyakit

Ada beberapa macam hama yang biasa menyerang tanaman pepaya diantaranya adalah hama kutu putih. Untuk mengendalikan hama jenis ini bisa dengan menyemprotkan Regent, Bestox, Pestisida Akothion secara bergantian. Selain itu ada juga hama tugau yang biasanya menghisap semua cairan yang ada pada daun muda. Untuk mengedalikannya kamu bisa menggunakan pestisida coracron, mesurol dan juga akarisida.

Ada hama yang paling ditakuti oleh petani pepaya yakni Phythora parasitica, Palmivora, Collectricum dan Pythium. Jenis penyakit ini banyak menyerang daun, akar batang sampai buah dan biasanya terjadi saat musim penghujan. Cara pengendaliannya bisa dilakukan melalui penyemprotan larutan fungisida yang dicampur dengan air sebanyak 1 liter. Lakukan kegiatan tersebut hingga sembuh.

Panen dan Pascapanen Pepaya California

Buah pepaya California yang siap untuk dipanen bisa dikenali dari tanda-tandanya yaitu ada semburat berwarna kuning di bagian buah pepaya yang sering terlihat di bagian ujung buah. Cara memanen buah pepaya yang baik bisa menggunakan gunting untuk memotong bagian tangkai buah. Buah ini bisa dipanen dengan periode waktu 10 hari sekali. Agar buah terlihat segar ketika selesai dipanen sebaiknya buah ditempatkan di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung dan diberi alas plastik atau koran bekas.

Itulah ulasan tentang bagaimana cara budidaya pepaya California yang baik sehingga bisa mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Dukungan secara optimal dari berbagai instansi/lembaga/elemen masyarakat secara menyeluruh, termasuk institusi TNI AD sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu dari pembahasan  ringkas ini  peran Babinsa dilapangan  untuk mencapai Visi pemerintah yang bertekad mewujudkan ketahanan pangan Nasional di masa-masa yang akan  mendatang sungguh tekad yang mulia dalam rangka menjamin tetap tegak-kokohnya kedaulatan NKRI dan mendukung pertahanan negara di darat dan mewujudkan kemanunggalan TNI - Rakyat.


Penulis : Aspam Hasibuan

Kopda NRP 31050134070785

KOMANDO DISTRIK MILITER 0315/BINTAN- KOMANDO RAYON MILITER 03/ BINUT






Rdk
 
Top