{[["☆","★"]]}
Sekda Natuma Wan Siswandi Membuka Diklat
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Dalam upaya meningkatkan kemandirian serta jiwa wirausaha Sumberdaya Manusia di Natuna ,Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Bagi Calon Pencari Kerja. Kegiatan yang dilaksanakan selama satu bulan (5/10-4/11) itu diikuti 31 orang peserta.

8 orang (pria) mengikuti pelatihan Las, 8 orang kelistrikan dan 15 orang (wanita) mengikuti pelatihan menjahit. Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Natuna Hussaini,dalam laporannya pada pembukaan Diklat Bagi Calon Pencari Kerja di Kantor Disnakertrans Natuna, Senin (9/10/2017) pagi, menyampaikan diklat bertujuan untuk meningkatkan Sumberdaya Manusia di Natuna agar dapat memiliki kemampuan dan daya saing yang tinggi dalam mengembangkan usaha.

" Tujuan diadakannya kegiatan Pendidikan dan Pelatihan ini dimakdudkan agar dapat meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Natuna dalam bidang wirausaha,sehingga dapat membuka lapangan kerja bagi diri sendiri dan juga orang lain," kata Hussaini.

Kegiatan pelatihan bagi calon pencari kerja tersebut dianggarkan dalam APBD Nqtuna tqhun 2017, sebesar Rp. 600 juta . Pembiayaan tersebut mencakup pengadaan alat,sarana prasarana praktek, biaya Instruktur dan juga uang saku peserta. Selama mengikuti pelatihan peserta diinapkan diasrama Balai Latihan Kerja (BLK) Natuna.

Untuk para instruktur yang mengajar pada pelatihan Disnakertrans Natuna bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Tenaga Kerja Tangerang Banten dan  LKP  Nadira Tanjung Pinang. Husaini menambahkan, selain praktek, para peserta juga diberikan materi tatap muka. Mengingat waktu kegiatan hanya satu bulan, maka jadwal pelatihan dipadatkan,dengan memanfaatkan waktu yang ada, dari pagi dan malam hari.

"Kita gunakan waktu seefektif mungkin agar peserta dapat menyelesaikan semuanya,dan mahir. Nantinya semua peserta akan mendapatkan sertifikat,bagi yang berhasil akan dapat sertifikat dengan tertulis lulus atau berhasil,bagi yang belum akan tertulis telah mengikuti pelatihan," tambah Hussaini.

Sementara itu Bupati Natuna,Abdul Hamid Rizal dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Natuna saat membuka Diklat,minta agar peserta dapat mengikuti kegiatan dwngan serius ,sehingga ilmu yang disampaikan oleh instruktur dapat berguna.

"Dewasa ini kita ketahui mencari pekerjaan itu sangat sulit,kondisi ini menuntut kita untuk dapat menciptakan lapangan kerja sendiri, dan mampu bersaing dengan wiraswasta lainnya," kata Sekda.

Hadir pada pembukaan Diklat tersebut, sejumlah pimpinan OPD dan ketua PKK Kabupatn Nqtuna, Nurhayati Hamid Rizal.

Kadisnakertrans Menyampaikan Laporan Kegiatan

Sekda, Kadisnakertrans dan Instruktur Menjahit dari LKP Nadira

Peserta Diklat

Pemasangan Tanda Peserta Diklat oleh Sekda dan Ketua PKK Kab. Natuna

Sekda Meninjau Ruang Praktek Diklat


Adw
 
Top