{[["☆","★"]]}
SURIAH I KEJORANEWS.COM : Pejuang dari gerakan perlawanan Hizbullah Libanon, yang didukung oleh pesawat tempur Suriah, telah berhasil membebaskan beberapa wilayah perbatasan antara kedua negara dari cengkeraman kelompok teroris Jabhat Fateh al-Sham Takfiri, yang sebelumnya dikenal sebagai al-Nusra Front, dalam sebuah operasi anti terorisme oleh persatuan bersama yang terus berlanjut. Sabtu (22/7/17).

Pejuang Hizbullah berhasil membebaskan wilayah Sahl al-Raweh, Sahr al-Haweh, Wadi Dakik, Taftanaz dan Wadi Zaarour Baren di wilayah Juroud Arsal di pinggiran kota Arsal, Lebanon.

Di pegunungan Qalamoun barat di Suriah, pejuang Hizbullah juga merebut kembali bukit al-Burkan dan daerah al-Koreh Awwal, Zalil al-Haj dan Harf al-Sabah dari teroris, dengan bantuan tembakan artileri berat.

Seluruh wilayah yang membentang di antara kedua negara dan operasi gabungan untuk membebaskan daerah militannya dimulai pada dini hari Jumat (21/7/17). Menurut gerakan perlawanan Lebanon dan tentara Suriah, serangan tersebut akan berlanjut sampai seluruh wilayah di bersihkan dari keberadaan teroris Takfiri.

Pada hari Sabtu, yang menandai hari kedua operasi tersebut, Hizbullah mengatakan bahwa pihaknya membebaskan Wadi al-Khalil dan perbukitan yang berdekatan di wilayah Arsal.

Wilayah Arsal hampir tidak terpukul oleh tumpahnya krisis Suriah pada tahun 2014, ketika militan berhasil menguasai kota itu untuk waktu yang singkat. Sekitar 45.000 pengungsi Suriah, yang terdaftar di PBB, tinggal di kota tersebut, namun diyakini lebih banyak tinggal di kamp-kamp di daerah Juroud, walaupun jumlahnya belum terkonfirmasi.

Lebanon sering melihat infiltrasi elemen Takfiri dari negara tetangga Suriah ke wilayahnya, di mana mereka menargetkan penduduk sipil atau pasukan keamanan dengan pemboman.

Membantu pasukan militer, pejuang Hizbullah sejauh ini menangkis beberapa serangan oleh kelompok teroris Jabhat Fateh al-Sham dan Daesh Takfiri. Hizbullah mengatakan misinya di Suriah ditujukan untuk mencegah meluasnya krisis ke Lebanon.

Siria menundukkan Daesh di E Raqqah

Dalam operasi kontra-terorisme terpisah di tanah Suriah, jet tempur militer pada hari Sabtu (22/7) membom posisi Daesh di sebelah timur Raqah City, televisi pemerintah melaporkan, mengutip sebuah sumber militer.

Pemogokan di kota Maadan dan desa Bir al-Sabkhawi, dekat perbatasan provinsi dengan Dayr al-Zawr, "menghancurkan beberapa basis dan kendaraan" milik kelompok teror Takfiri.

Tentara Suriah, yang didukung oleh pesawat udara Rusia, terlibat dalam operasi anti-Daesh di wilayah pedesaan barat Raqqah, di mana telah membuat beberapa keuntungan pemerintah terhadap kelompok teror tersebut.

Pedesaan timur Raqqah, yang diserang jet tempur Suriah, telah menjadi lokasi serangan terpisah oleh Pasukan Demokratik Suriah yang didukung AS (SDF), sebuah aliansi yang didominasi oleh petempur Kurdi.

Sumber : presstv.com
 
Top