{[["☆","★"]]}
NATUNA I KEJORANEWS.COM :Nelayan Asing Tak Kunjung Jera Mencuri Ikan Di Perairan Natuna dari 29 kapal ikan asing (KIA) yang ditenggelamkan tim Satgas 115  Natuna, 16 unit diantaranya merupakan tangkapan Illegal Fishing dari Kapal patroli milik Direktorat Jendral Pengawasan Sumber Daya Kelautan perikanan (DITJEN PSDKP) yang ditangani di Satker PSDKP Tanjung Kumbik Natuna.

 
Saat ini masih ada 4 unit KIA yang ditangani Satker PSDKP Natuna, dan sedang dalam proses hukum. Ke 4 Kapal tersebut menurut Kasatker PSDKP Natuna, Syamsu S.Ip, merupakan hasil tangkapan pada bulan Maret lalu disekitar perairan Natuna.

Selain menangani kapal hasil tangkapan tersebut, Satker PSDKP Natuna saat ini juga masih mengurusi 45 orang tahanan non justisia yang merupakan anak buah Kapal Ikan Asing, serta 4 orang tahanan Justisia, yang merupakan Nahkoda KIA.

“Para tahanan  kita tempatkan dibarak penampungan sementara di Satker PSDKP Pulau tiga, Natuna,karena kita belum memiliki tempat penampungan yang layak,” kata Syamsu, disela- sela penenggelaman Kapal Ikan Asing, Sabtu (1/4/2017).

Menurut Saymsu, Kementrian Kelautan Perikanan akan membangun gedung yang permanen untuk tempat tinggal sementara tahanan non justisia di Satker Pulau Tiga.
Syamsu menambahkan, angka pencurian ikan oleh nelayan asing  terutama nelayan dari Vietnam, di perairan Natuna semakin bertambah.

“Tampaknya sanksi hukum dan penenggelaman kapal ikan oleh pemerintah Indonesia tidak membuat mereka jera,” tutup Syamsu.

Adw
 
Top