{[["☆","★"]]}
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Dinas Kesehatan kabupaten Natuna membantah bila terjadi kelangkaan obat - obatan didaerah ini. Menurut kabid pelanan sumberdaya kesehatan Dinas Kesehatan kabupaten Natuna, Musmulyadi, sejauh ini ketersediaan obat - obatan di setiap Puskesmas mencukupi. Jumat(17-3-17).

Musmulyadi yang dihubungi melalui sambungan telepon kemaren mengatakan, stok obat  yang ada disetiap Puskesmas telah berdasarkan daftar obat yang dikeluarkan oleh Kementrain Kesehatan, dimana dalam pengadaannya, Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Bagian penyedia obat - obatan Pemerintah Natuna.

“ Setahu saya sejuh ini stok obat- obatan mencukupi. Mungkin ketika ada pasen berobat kebetulan stoknya habis, jadi mereka mengeluh, tapi stok cukup kok,” kata Musmulyadi,

Sementara itu menjawab pertanyaan mengenai adanya keluhan warga bahwa obat yang disediakan di Puskesmas adalah jenis obat- obatan generik atau bukan obat paten, menurut Musmulyadi, kadar dan jenis obat, baik generik maupun obat paten sebenarnya sama, hanya saja obat generik itu telah disubsidi oleh Pemerintah.
“Obat- obatan itukan berdasarkan sugesti, sebenarnya semua sama saja, mau obat paten atau generik, fungsinya tetap sama untuk mengobati,” tambahnya.

Dinas kesehatan setiap bulan selalu mengontrol ketersediaan obat - obatan disetiap puskesmas melalui laporan yang masuk dari masing - masing unit pelaksana teknis Dinas UPTD Kesehatan di Tiap Puskesmas berada.

Adewina
 
Top