{[["☆","★"]]}
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Lima unit Kapal Ikan Asing (KIA) asal Vietnam ditangkap KRI Oswald Siahaan 354 dari Satgas Ops Prasama Udhaya-17. Kelima kapal ini sedang mengeruk ikan di perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI).

Komandan Lanal Ranai, Letkol (P) Tony Herdijanto dalam keterangan persnya, Selasa (14/2/2017) mengatakan, kapal-kapal ini dideteksi melakukan aktivitas di perairan sebelah barat laut Pulau Sekatung.

"Itu berada di ZEEI yang termasuk dalam wilayah pengolahan perikanan RI. Mereka tanpa dokumen," ujar Tonny.

Kapal tersebut diamankan dalam waktu dan koordinat yang berbeda-beda pada Rabu, (8/2/2017) lalu. Lokasinya sekitar 125 nautical miles arah Barat Laut Kota Ranai.

"Saat itu KRI OWA-354 sudah mendeteksi keberadaan aktivitas penangkapan kapal ikan dengan jaring trawl (pukat harimau) tersebut sejak pada posisi 06 36' 00" U - 106 41' 30" T. KRI OWA menurunkan dua tim pemeriksa menggunakan sekoci menuju masing-masing kapal," ujar Danlanal.

Kapal tersebut dibawa ke Pos AL Ranai untuk pemeriksaan dan menjalani proses hukum. Kapal saat ini diamankan di Pos AL Sabang Mawang.

"Lima Nakhoda dan 29 ABK dibawa ke Lanal Ranai untuk proses hukum," jelasnya.

Barang bukti ikan tangkapan yang ikut diamankan Lanal Ranai bervariasi. Ada yang berupa ikan campuran dengan muatan 100 Kg dan sebuah kapal yang memuat 1/4 palka ikan-ikan jenis campuran. Sementara kapal lainnya tidak ditemukan tangkapan ikan.

Pangkalan TNI AL Ranai,masih melakukan penyidikan lanjutan terhadap nahkoda 5 unit Kapal Ikan Asing (KIA) BERBENDERA Vietnam yang ditangkap KRI Oswald Siahaan 354, di Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia- ZEEI,Perairan sebelah Barat Laut Sekatung, Pulau Laut, Kabupaten Natuna.

Adelia
 
Top