{[["☆","★"]]}
PEKANBARU I KEJORANEWS.COM : Rombongan Komisi 2 DPRD bersama Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi melakukan kunjungan ke Pasar Rumbai di Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Senin siang (20/2/17).

Kunjungan dalam rangka pertukaran informasi dengan salah satu pasar yang dikelola oleh Pemerintah tersebut diharapkan mampu menjadi contoh yang nantinya juga dapat diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi.


"Kunjungan kita ke pasar rumbai ini dalam rangka pertukaran informasi berkaitan dengan pasar yang dibangun oleh APBD. Pasalnya dari 12 pasar yang ada di Kabupaten Bekasi, tidak ada satupun pasar yang di kelola langsung oleh Pemerintah," ujar Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Bekasi, H Mulyana Muchtar disela kunjunganya.

Mulyana berharap, dengan kunjungan ini, dapat menjadi contoh untuk Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam membangun pasar dengan anggaran APBD.

"Harapan kita, ada yang bisa kita sharing berkaitan dengan pasar rumbai ini, sehingga kedepan bekasi juga ada pasar yang dibangun dengn APBD dan dikelola oleh Pemerintah," harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, Irba, menjelaskan bahwa kedatangan rombongan Komisi 2 DPRD bersama Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi ini untuk mempelajari sistem kerja pasar yang dikelola oleh Pemerintah.

Karena menurut Irba, di Kabupaten Bekasi sendiri sebanyak 12 pasar yang ada, seluruhnya dikelola oleh pihak ke 3.

"Artinya, 12 pasar mereka saat ini menggunakan sistem BUILD OPERATION TRANSFER (BOt). Yang mana sistem ini seluruhnya dibangun, dikelola dan hasilnya pun diambil oleh pihak ke 3. Dan, dalam jangka waktu 20 hingga 30 tahun, barulah bangunan pasar tersebut diserahkan dan menjadi milik pemerintah," jelas Irba.

"Dan kenapa mereka kita arahkan ke sini, karena Pasar Rumbai ini menjadi Pasar percontohan dari 2 pasar yang di kelola oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, dan tidak ada campur tangan dari pihak ke 3," tandasnya.
Ejo
 
Top