{[["☆","★"]]}
JAKARTA I KEJORANEWS.COM : Kebakaran hebat melanda pertokoan Pasar Senen, Jakarta Pusat. Kejadian tersebut berlangsung sejak pukul 04.15 WIB. yang dikutip kejoranews.com dari laman liputan6.com. Kamis (19/1/17).

Perwira Piket Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Pusat Syarifudin menuturkan kronologi kejadian. Menurut dia, kebakaran di Blok III Pasar Senen bermula dari lantai satu hingga merambat ke tempat lain.
 

 
"Api awalnya terlihat di lantai satu, kemudian membesar dan paling terdampak sekarang di lantai tiga," kata Syarifudin di lokasi kebakaran, Kamis (19/1/).

Syarifudin mengatakan, petugas sudah berjibaku memadamkan api yang membakar blok pasar tersebut sejak pukul 04.15 WIB.

Pintu gerbang lantai satu yang masih terkunci menyulitkan petugas untuk masuk ke gedung guna memadamkan api. Alhasil, petugas hanya bisa memadamkan api dari luar.

Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan Blok I dan II Pasar Senen sudah diasuransikan. Dana sebesar Rp 116,9 miliar akan keluar akibat kebakaran yang terjadi di pasar itu.

"Untuk pasar ini mendapat asuransi Rp 116,9 miliar. Inilah biaya untuk merenovasi semua yang terbakar," ujar Sumarsono di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (20/1/2017), ujar Sumarsono kepada kompas.com.

Sehingga, kata Sumarsono, revitalisasi Pasar Senen bisa segera dilakukan. Pasar yang terbakar bisa segera dibangun kembali.

"Selesai semua dibangun, ya kembali ke yang pemilik kios, akan ditata kembali sehingga haknya akan diberikan," ujar Sumarsono.

Ada sebanyak 1.691 kios yang terbakar di Blok I dan II Pasar Senen. Sumarsono mengatakan sebenarnya pemilik kios ingin mengansuransikan kiosnya sendiri. Namun, tidak ada perusahaan asuransi yang merespon.

"Sehingga yang diasuransikan hanya gedungnya saja," ujar Sumarsono. (Baca: Sudah 30 Jam, Asap Masih Mengepul di Lokasi Kebakaran Pasar Senen)

Kebakaran yang terjadi di Blok 1 dan Blok 2 di lantai dasar sampai dengan lantai 3 Pasar Senen, Jakarta Pusat. Kebakaran terjadi mulai Kamis, (19/1/2017), kemarin pada 04.20 WIB. Dugaan sementara penyebab kebakaran ini karena korsleting.

Sumber: liputan6.com, kompas.com dan detiknews.com
 
Top