Viral Sosok Kondang Penuh Misteri, Atlet Indonesia: Jangan Ada Upaya Pelemahan Rekam Jejak


Viral Sosok Kondang Penuh Misteri, Atlet Indonesia: Jangan Ada Upaya Pelemahan Rekam Jejak

SURABAYA | KEJORANEWS.COM: Viralnya calon DPD RI Jatim, Kondang Kusumaning Ayu, yang dalam waktu singkat mendeclare lolos ke senayan akibat foto ‘Cantik’, membuat publik bertanya-tanya siapa sosok asli Kondang. Alhasil, Kondang yang kini masih misteri, membuat warganet pun berburu untuk menemukan foto asli melalui pencarian wajah asli Kondang di laman tiktok. Akun Instagram pribadi @riasarimukti yang diduga sebagai akun pribadi Instagram ibunya, tak luput dari incaran warganet. Namun warganet harus siap gigit jari karena akun tersebut kini telah terkunci. 

Munculnya Kondang yang tiba-tiba menyeruak memperoleh suara cukup signifikan sebagai Caleg DPD menimbulkan pertanyaan. Tanpa rekam jejak, Caleg DPD Jatim ini disoroti aktivis perempuan Yuli sebagai upaya melemahkan gerakan aktivis perempuan. "Sebagai aktivis perempuan saya mensupport Caleg Perempuan untuk menempati posisi strategis di negeri ini. Sayangnya saya melihat ada upaya pelemahan dengan ditampilkan sosok serupa untuk memotong rekam jejak," tutur Yuli dengan penjelasan merujuk pada nama Kondang Kusumaning Ayu yang menurutnya tidak bisa disamakan dengan rekam jejak aktivis perempuan Ning Lia Istifhama.


Mereka sama -sama pendatang baru dalam pemilihan Caleg DPD Jatim, Ning Lia dikenal memiliki rekam jejak yang sangat mudah ditemukan di laman google, terlebih ia memiliki sederet penghargaan yang dapat ditemui di laman wikipedianya. Biodata keponakan mantan Gubernur Khofifah tersebut pun mudah diakses di berbagai laman media online, tak terkecuali situs resmi KPU Jatim. Hal ini berbeda dengan si misteri Kondang yang memilih menutup profilnya, seperti yang terlihat terkunci di laman https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dct_dpd/profil Satu-satunya sumber yang bisa menjelaskan tentang sosok si misteri Kondang adalah website unair.ac.id, yang menjelaskan bahwa Kondang merupakan alumnus Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair) dan menempuh S-1 dengan skripsi berjudul "Gambaran Kecerdasan Emosional pada Wanita sebagai Orang Tua Tunggal akibat Perceraian" yang dipublikasikan tahun 2017. 

Munculnya sosok calon DPD yang penuh misteri itu, bagi Yuli, pemilik nama Yuliati Umrah, Direktur eksekutif alit Indonesia yang sekaligus salah satu tokoh 80.pemimpin terbaik dunia versi pemerintah AS, terindikasi unsur kesengajaan. "Buat saya ini ada unsur kesengajaan. Kan yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun dengan konstituennya gitu. 

Kalau kemudian orang-orang dengan tidak memiliki rekam jejak apapun dan tinggal nyatut gitu kan itu melemahkan aksi-aksi yang sudah dipupuk dan dilakukan secara sukarela oleh oleh tokoh-tokoh yang sudah kita harus kita support," lanjutnya. 


Apalagi dengan kasus pencatutan foto Ning Lia yang merupakan kompetitor sebagai calon DPD RI, sebagai bahan kampanye Kondang. “Ini jelas baginya tidak etis dan sebagai salah satu upaya melemahkan tokoh aktifis perempuan yang sesungguhnya. Gitu itu ya sebenarnya pola-pola untuk melemahkan gerakan perempuan itu salah satunya dengan memunculkan tokoh tanpa rekam jejak," ucap Yuli melalui seluler (17/2/2024).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama