Sigap, Petugas Pos Atas Lapas Brebes Pantau Situasi dan Kondisi


Sigap, Petugas Pos Atas Lapas Brebes Pantau Situasi dan Kondisi

BREBES  I  KEJORANEWS.COM : Petugas pos menara atau biasa disebut dengan petugas pos atas merupakan bagian dari regu pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Brebes Kemenkumham Jawa Tengah. Selain berfungsi untuk memantau situasi di sekitar area brandgang (dalam tembok), pos menara atas juga bertugas memantau situasi dan kondisi di area luar tembok Lapas Brebes. Petugas Pos Menara atas merupakan salah satu bagian penting dari pengamanan di Lapas Kelas IIB Brebes.


Terlihat pada hari ini, petugas pos menara atas Lapas Brebes dengan sigap memantau kondisi di sekitar untuk mengantisipasi adanya potensi gangguan keamanan dan ketertiban yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu, baik dari dalam maupun luar tembok Lapas. Senin, (18/12/2023).


Petugas pos atas dibekali pula dengan buku laporan, guna melaporkan situasi dan kondisi terkini secara tertulis. Dalam pelaksanaannya, petugas pos atas akan melakukan rolling secara berkala berdasarkan perintah dari komandan jaga guna memastikan area sekitar hingga brandgang dalam posisi aman.


Kepala Lapas Brebes Isnawan melalui Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan, Tomy Yulianto mengungkapkan bahwa mengontrol situasi dan kondisi di luar tembok Lapas merupakan tanggung jawab dari petugas pos atas. "Petugas pos atas memiliki peran penting untuk melakukan pengawasan baik di dalam maupun di luar lapas, guna memastikan tidak terjadi gangguan keamanan dan ketertiban seperti lemparan ataupun hal-hal yang tidak diinginkan lainnya," pungkasnya.


Untuk informasi bahwa Pos atas merupakan salah satu titik yang cukup vital dalam sistem keamanan di Lapas Brebes, karena dalam pelaksanaan tugas pos atas merupakan titik terakhir dalam pengawasan dan mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban.


"Untuk itu, Saya minta kita semua untuk selalu 𝙒𝙖𝙨𝙥𝙖𝙙𝙖 𝙅𝙖𝙣𝙜𝙖𝙣-𝙅𝙖𝙣𝙜𝙖𝙣 karena potensi gangguan Kamtib sangatlah besar," ujarnya.


.(Salam)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama