Wan Siswandi Meminta Peningkatan Jumlah dan Kualitas Pembina Pramuka


Wan Siswandi Meminta Peningkatan Jumlah dan Kualitas Pembina Pramuka

Bupati Wan Siswandi dan Tamu Undangan-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Natuna, Bupati Natuna Wan Siswandi bertindak sebagai pembina upacara Peringatan Hari Pramuka ke-62, di pantai Piwang, Kecamatan Bunguran Timur, Rabu (06/09/2023).


Peserta upacara terdiri anggota Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega se-kabupaten Natuna. Peringatan Hari Pramuka ke -62 di tahun 2023 ini mengusung tema ” Dengan Peringatan Hari Pramuka ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.


Dalam amanat pembina upacara, Bupati Natuna Wan Siswandi, menyampaikan Amanat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang menyampaikan rasa syukur, karena pada hari ini seluruh gerakan Pramuka merasa bahagia dan bersyukur, organisasi pendidikan kepanduan praja muda karana telah genap 62 tahun. Pada tahun ini  juga memperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia, yang telah ada sejak tahun 1912.


“Untuk itu kita harus selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas nikmat dan keberkahannya gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang, serta berikrar untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintahan serta memahami pendidikan non formal dalam pembentukan karakter,” tuturnya.


Wan Siswandi juga mengatakan, dengan tema yang di usung ini menunjukan, semangat gerakan pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang lebih profesional.


“Tema ini menunjukan betapa semangatnya gerakan pramuka dalam 4! SDM yang lebih profesional, di samping itu, wawasan kebangsaan kita menjadi sangat penting, agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap mengamali nasionalisme cinta tanah air dan semangat membela negara, apalagi sekarang menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan kesatuan gerak pramuka harus terpilih menjadi garda terdepan dalam menjaga persatuan dan kesatuan,” ucapnya.


Menurut Wan Siswandi, SDM yang ada digerakan pramuka, khususnya pembina Pramuka dan pelatih pembina Pramuka jumlahnya masih sangat sedikit, oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina harus terus dapat ditingkatkan.


“Terkait dalam upaya peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina, kwartir Nasional telah menaruh perhatian peningkatan gugus depan pramuka, untuk  itu kwartir di semua tingkatan, harus dapat turut membantu peningkatan kualitas gugus depan yang berada di wilayah masing-masing,” ujarnya.


Bupati Natuna Wan Siswandi juga menyampaikan di tahun 2023 terdapat beberapa kegiatan Nasional Pramuka, di antaranya Raimuna Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka) Bakti Husada Tingkat Nasional, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putri-Putra Nasional (Musppanitra) serta Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh, Provinsi Aceh.


“Untuk itu marilah kita bersama-sama turut mendukung dan mensukseskan kegiatan-kegiatan nasional ini,” ajaknya.


Wan Sis juga berharap, khusus terkait Musppanitra dan Munas Gerakan Pramuka, agar Kwartir Daerah tidak sekadar memperhatikan soal pemilihan Ketua DKN dan Ketua Kwarnas saja, melainkan juga ikut membahas Rencana Strategis, Rencana Kerja, dan Program Kerja Gerakan Pramuka untuk lima tahun ke depan.


Piston


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama