Kota Banjar kini miliki Koprasi berbasis Digital


Kota Banjar kini miliki Koprasi berbasis Digital

 

Gunting pita, Ketua DPRD Kota Banjar, Bersama Sekretaris Dinas UMKM Kota Banjar serta Jajaran Pengurus Koprasi Konsumen Idaman

Kota Banjar | Kejoranews.com - Kota Banjar kini memiliki koperasi yang berbasis digital. Koperasi yang diberi nama Koperasi Konsumen Inovasi Digital Mandiri (Idaman) ini berada di Jalan Raya Langensari, Lingkungan Langkap Lancar, Bojongkantong, Langensari, Kota Banjar.  Koprasi tersebut dilanuching langsung oleh Ketua DPRD Kota Banjar H Dadang R Kalyubi dan Dinas KUKMP Kota Banjar serta Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Banjar, Minggu (3/9/2023).


Ketua Koperasi Konsumen Idaman Desi Sahliana mengatakan, pendirian koperasi konsumen ini bertujuan untuk membangun ekonomi kerakyatan berbasis digitalisasi serta inovasi, sehingga dapat lebih diterima di kalangan milenial. Menurut Desi, Koperasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat sekitar serta umumnya Kota Banjar.


"Disini kami membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan anggota untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi sosial. Kami juga bersinergi dengan masyarakat guna mengembang usaha masyarakat, meminimalisir angka pengangguran di wilayah sekitar koperasi serta memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan," ujar Desi.


Desi menambahkan  keberadaan koperasi tersebut, nantinya untuk memberikan ruang bagi anggota dan masyarakat. Menurutnya, nanti untuk anggota dapat memperoleh harga yang lebih murah dan bisa memasarkan produknya, sedangkan warga lainya pun bisa membeli produk yang lebih murah dibanding harga pasar sehingga warga dapat sejahtera.


"Sasaran pertama masyarakat Kota Banjar untuk menjadi anggota koperasi karena nanti manfaatnya akan kembali ke masyarakat. Contoh mereka bisa menitipkan barang dagangan dan kita bantu melalui digitalisasi dan inovasi tersebut serta kami juga berskala provinsi. Koperasi ini juga sangat terbuka untuk umum," kata Desi.


Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar Edi Herdianto melalui Sekretaris Dinas KUKMP Neneng Widyastuti mengatakan, Koperasi Konsumen Inovasi Digital mandiri Idaman ini salah satu koperasi tingkat provinsi. Neneng menambahkan, Ini juga merupakan contoh koperasi yang konvensional berbasis digital. Koperasi ini mempunyai inovasi dimana masyarakat bisa belanja dan menjadi anggota.


"Koperasi ini menyediakan segala macam bahan baku untuk keperluan para umkm dalam melaksanakan usaha. Masyarakat juga bisa membeli produk lain kebutuhan bahan pokok lainnya," katanya.


Neneng berharap Koperasi Konsumen Idaman ini menjadi pengaruh baik untuk dunia pengkoperasian di Kota Banjar. Sehingga anggota dan masyarakat bisa sejahtera serta koperasinya menjadi maju.


"Ini transformasi koperasi yang sangat ditunggu oleh kita, yaitu berbasis pada digitalisasi," kata Neneng.


Senada, Ketua DPRD Kota Banjar H Dadang R Kalyubi. Dimana keberadaan Koperasi Konsumen Idaman ini menjadi percontohan bagi koperasi lain yang ada di Kota Banjar. Selain berskala provinsi, ini juga sudah berbasis digital mengikuti perkembangan zaman.


"Koperasi ini menjadi contoh koperasi lain karena ini sudah menerapkan digitalisasi. Sekarang era digital dan milenial, tentunya ini bisa mempermudah seluruh konsumen untuk membeli barang-barang keinginan. Koperasi tidak ortodok, tetapi koperasi adalah bagian dari untuk kehidupan. Saya kira dibukanya Koperasi Inovasi Digital dengan Idaman Koperasi di Kota Banjar bisa lebih sukses," jelasnya. (AO).



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama